Legislator PDIP Ungkap Anggaran BOP DPRD Garut

Daerah

Selasa, 11 Juni 2019 | 19:38 WIB

190611194016-legis.jpg

net

ANGGOTA DPRD Garut dari Fraksi PDIP, Yudha Puja Turnawan angkat bicara soal anggaran BOP DPRD Kabupaten Garut sebesar Rp 46 miliar yang saat ini menjadi perbincangan publik.

"Jadi begini, di DPRD Garut tidak ada BOP untuk anggota dewan. BOP tersebut untuk empat pimpinan DPRD Garut yang besarannya Rp 393 juta untuk satu tahun. Itupun anggarannya disimpan di Belanja Tidak Langsung (BTL)," ujarnya, Selasa (11/6/2019).

Dikatakan Yudha, jika berbicara anggaran kesekretariatan DPRD pada tahun 2019, totalnya Rp 31,538 miliar. Belanja Tidak Langsung (BTL) sebesar Rp 6,063 Miliar dan Belanja Langsung (BL) Rp 25,475 miliar. Angka itu pun masih jauh di bandingkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. "Kita sepertiganya dari kabupaten lainnya," tegasnya.

Ia menuturkan, untuk kebutuhan rapat dengar pendapat, paripurna, reses, kunjungan kerja dewan, dan mamin, anggarannya diambil dari Belanja Langsung yang Rp 25,475. "Ya, kalau diakumulasikan untuk mamin saja dalam satu tahun bisa menghabiskan Rp 4 miliar. Jadi kalau bahasanya BOP itu salah," katanya.

Ia juga bertanya angka Rp 46 miliar BOP DPRD itu dari mana. Soalnya, jika dihitung secara keseluruhan berdasarkan dengan DPA. Baik gajih/tunjangan anggota DPRD sampai anggaran kesekretariatan justru lebih besar yang mana dalam satu tahun saja kebutuhan anggarannya mencapi Rp52 Miliar. Untuk gajih dan tunjangan 50 anggota DPRD dalam satu tahun Rp27 Miliar.

"Justru kalau dihitung keseluruhannya Rp52 Miliar kebutuhan di DPRD baik untuk gajih dan anggaran kesekretariatan DPRD," katanya.

Sementara Yudha juga mengaku, untuk anggaran SPPD anggota DPRD Garut saja dalam provinsi hanya Rp850 ribu/satu hari. Berbeda dengan DPRD lain. Contohnya saja DPRD Kota Bandung kalau kunjungan kerja ke Garut SPPDnya bisa mencapi 2 Juta lebih.

"Kita yang besar SPPD keluar Provinsi itupun diatas Rp1,3 Juta belum biaya hotel. Kalau biaya hotel kita dijamin oleh negara," ujarnya.

Namun kendati demikian, tambah Yudha, pungsi tugas DPRD berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR