Naik, Angka Partisipasi Bimbingan Perkawinan Pranikah di Pangandaran

Daerah

Selasa, 12 Maret 2019 | 12:30 WIB

190312123149-naik-.jpg

KANTOR Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran merilis partisipasi bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin di tahun 2018 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Di tahun 2017 lalu, ada sebanyak 99 pasangan yang berpatisipasi pada bimbingan pernikahan. Sedangkan di tahun 2018 meningkat menjadi 309 pasangan.

Sedangkan data perkawinan pada tahun 2017 sebanyak 4.098 pasang. Di tahun 2018 tercatat 4.377 pasang.

Kepala Seksi Bimas Islam, H. Nana Supriatna menyebut, hal tersebut lantaran adanya kesadaran masyarakat yang meningkat.

"Pertama adanya peningkatan sosialisasi kepada P4 dan para calon pengantin, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan pra nikah, kemudian kepentingan dari hasil bimbingan perkawinan itu sendiri" ungkapnya.

Bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin merupakan program pemerintah sebagai salah satu upaya mewujudkan ketahanan dalam keluarga dan menekan tingginya angka perceraian, kekerasan dalam rumah tangga.

"Program ini langsung dari Dewan Pertimbangan Presiden terkait dengan pentingnya ketahanan keluarga, jadi Indonesia saat ini mengantisipasi situasi terhadap ketahanan bangsa dan itu harus berangkat dari ketahanan keluarga," katanya.


Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR