Wabup Garut Cek Langsung Penyebab Banjir di Lokasi Pabrik Sepatu

Daerah

Minggu, 17 Februari 2019 | 23:18 WIB

190217212146-wabup.jpg

fokusjabar

WAKIL Bupati Garut Helmi Budiman menelusuri langsung penyebab banjir di Jalan Raya Leles Kabupaten Garut dengan memeriksa kondisi sekitar pabrik sepatu di Kecamatan Leles untuk selanjutnya menjadi kajian agar tidak lagi banjir saat hujan deras.

"Banjir seringkali terjadi saat hujan deras turun, tujuan kedatangan saya ke sini untuk menyikapi masalah banjir," kata dia kepada wartawan di Garut, Minggu (17/2/2019).

Ia menuturkan Jalan Raya Leles merupakan jalan provinsi atau jalur utama Bandung-Garut yang selama ini seringkali dilaporkan terjadi banjir saat turun hujan deras di kawasan itu.

Persoalan banjir itu, kata dia, harus menjadi perhatian pemerintah maupun pengelola pabrik untuk mengetahui penyebab banjir dan segera mengatasinya.

"Biar lebih tahu sebab banjirnya," kata dia.

Hasil pemeriksaan, kata dia, pihak pabrik menyampaikan telah merencanakan membuat drainase dan kolam resapan air untuk mengatasi banjir di jalan raya itu.

Namun rencana pihak pabrik itu, kata Helmi, sampai saat ini masih terkendala oleh perizinan di tingkat Pemerintah Provinsi Jawa Barat, karena ada kawasan yang kewenangannya di tangan pemprov.

"Jadi harus menempuh perizinan Dinas PU Provinsi Jabar," kata Helmi.

Menurut dia, pembangunan drainase dan kolam resapan air memang menjadi pilihan solusi dalam mengatasi banjir di kawasan Leles.

Pemerintah Kabupaten Garut, kata Helmi, segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jabar untuk bersama-sama menyelesaikan masalah banjir yang setiap turun hujan selalu menggenangi jalan.

"Lokasi tempat berdirinya pabrik berada di jalur provinsi sehingga terkait pengajuan perizinannya merupakan kewenangan provinsi," katanya.

Sebelumnya, Jalan Raya Leles dilanda banjir, akibatnya arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Garut maupun sebaliknya terganggu.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR