Di Makam Syekh Jafar Sidiq, Relawan Samawi Doakan Kesembuhan Ani Yudhoyono

Daerah

Jumat, 15 Februari 2019 | 23:31 WIB

190215223317-di-ma.jpg

Agus Somantri

Relawan Samawi berziarah dan menggelar doa bersama di makam Syeh Djafar Sidik di kawasan Desa Cipareuan, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, Jumat (15/2/2019).

RELAWAN yang tergabung dalam Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi), berkumpul di makam keramat Syekh Jafar Sidiq yang berlokasi di wilayah Desa Cipareuan, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, Jumat (15/2/2019). Di makam tokoh penyebar agama Islam yang juga dikenal dengan sebutan Sunan Haruman itu, para relawan tersebut menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa.

Wakil Koordinator Nasional Samawi, Kaka Hanifa, mengatakan, para relawan Samawi sengaja berkumpul di makam Syekh Jafar Sidik untuk berziarah. Selain menggelar kegiatan doa bersama untuk keselamatan bangsa, mereka juga berdoa untuk kesembuhan isteri Presiden RI ke 6, Ani Yudhoyono yang saat ini tengah terbaring sakit.

"Kami sengaja berkumpul di sini untuk melakukan ziarah ke makan Syekh Jafar Sidik yang merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Garut. Di sini kami menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa serta untuk kesembuhan Bu Ani Yudhoyono," ujarnya ditemui usai doa bersama di area makam Syekh Fajar Sidik, di Desa Cipareuan, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, Jumat (15/2/2019).

Kaka menuturkan, khusus untuk mendoakan kesembuhan Ibu Ani Yudhoyono, hal itu merupakan amanat langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Meski secara politik terdapat perbedaan pilihan, namun ia menilai mendoakan yang sedang sakit  sudah menjadi kewajiban sesama muslim.

Apalagi, tambahnya, Jokowi menilai Ibu Ani merupakan tokoh nasional yang pernah menjadi ibu negara dan mendampingi Presiden SBY dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin bangsa. Bu Ani juga dianggap berjasa besar pada bangsa Indonesia karena selama 10 tahun setia mendampingi SBY bertugas.

"Pak Jokowi mengintruksikan agar dalam setiap kegiatan yang melibatkan massa, kami selalu mendoakan Ibu Ani Yudhoyono. Pak Jokowi berharap Bu Ani cepat diberi kesembuhan sehingga bisa beraktivitas kembali seperti biasanya," ucapnya.

Selain kesembuhan Bu Ani Yudhoyono, lanjut Kaka, keselamatan bangsa ini juga harus didoakan. Apalagi saat ini bangsa Indonesia tengah menghadapi sebuah agenda besar nasional yakni Pemilu dan Pilpres yang akan digelar pada April mendatang.

Ia pun berharap, semua pihak bisa menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal negatif yang bisa menimbulkan perpecahan serta mengancam keutuhan bangsa. "Berbeda pilihan itu boleh-boleh saja, namun yang paling utama tetap menjaga keutuhan dan keselamatan bangsa ini agar terus terpelihara," katanya.

Gelar Deklarasi

Sementara itu, usai menggelar doa bersama, relawan Samawi juga mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma'aruf Amin. Menurut Kaka, deklarasi sengaja dilaksaakan di area makam Syekh Jafar Sidik yang merupakan ulama besar sekaligus penyebar agama Islam di Nusantara dengan harapan ada energi positif yang didapatkan.

Kaka menyebut, Syekh Jafar Sidiq merupakan ulama yang mampu menyebarkan agama Islam dengan cara-cara yang damai dan penuh kelembutan hingga Islam menjadi agama Rahmatan Lil Al-Amin dan diterima semua pihak. Cara-cara ini pula yang menurutnya akan dilakukan relawan Samawi dalam mengkampanyekan pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma'aruf Amin.

"Beliau berdakwah dengan cara merangkul bukan memukul, mengajak bukan mengejek sehingga menjadi inspirasi kita untuk melakukan cara-cara seperti itu saat menyampaikan capaian-capaian kerja Pak Jokowi selama ini," katanya.

Kaka pun mengaku yakin dengan melalui cara-cara seperti semua fitnah yang selama ini menghantam Joko Widodo bisa dicegah. Selama ini, ungkapnya, banyak fitnah yang menyerang pemerintahan Jokowi, termasuk kabar-kabar hoaks yang kebenarannya sama sekali tak bisa dibuktikan.



Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR