Sudah Rampung, Jembatan Maktal II Masih Belum Bisa Digunakan

Daerah

Selasa, 12 Februari 2019 | 18:14 WIB

190212181551-sudah.jpg

Agus Somantri

PENGERJAAN fisik proyek pembangunan jembatan Maktal II sudah rampung sejak bulan lalu. Namun jembatan yang disebut-sebut sebagai ikon program pembangunan Amazing Garut 2018 itu belum bisa dioperasikan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Uu Saepudin, membenarkan jika pembangunan jembatan Maktal II tersebut sudah tuntas. Namun untuk sementara ini masih belum bisa dioperasikan karena belum dilakukan serah terima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut kepada Dinas PUPR Garut.

“Jadi sampai saat ini jembatan tersebut belum bisa digunakan secara utuh, artinya belum dibuka secara resmi. Mudah-mudahan bulan Februari ini sudah ada serah terima dari BPBD ke PUPR agar segera bisa digunakan” ujarnya, Selasa (12/2/2019).

Menurut Uu, Jembatan Maktal II ini memiliki panjang sekitar 45 meter dengan lebar  7 meter. Jembatan tersebut menghubungkan Kecamatan Garut Kota dengan Tarogong Kidul, serta Tarogong Kaler dan sekitarnya.  

Ia menuturkan, jembatan yang melintasi Sungai Cimanuk dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp 6,3 miliar itu juga sebagai bagian dari kegiatan rehabilitasi dan konstruksi pasca bencana Banjir Bandang Cimanuk yang terjadi pada 2016 lalu.

"Jembatan Maktal II ini dibangun untuk mengurai kemacetan kendaraan yang kerap terjadi di seputaran daerah Maktal, perempatan Jalan RSU — Jalan Papandayan — Jalan Raya Cimanuk Garut kota," ucapnya.

Sementara terkait kelengkapan infrastruktur di jembatan tersebut seperti rambu-rambu lalulintas dan lainnya, Uu menyebut jika hal itu merupakan kewenangan pihak atau instansi lain.

"Kalau kelengkapan di lokasi jembatan itu merupakan kewenangan instansi lain ," katanya.

Berdasarkan pantauan galamedianews, jembatan tersebut kini menjadi tontonan warga. Bahkan tidak sedikit warga yang sengaja sekedar berjalan-jalan atau dijadikan tempat bermain anak-anak. Sekali-kali tampak kendaraan roda empat juga roda dua menerobos melintas menghindari antrian panjang kendaraan yang kerap terjadi di lintasan jembatan Maktal I (jembatan lama).

Kendaraan roda empat (mobil) dan roda dua (sepeda motor), menerobos melintas di Jembatan Maktal II untuk menghindari antrian panjang kendaraan yang terjadi di lintasan jembatan Maktal ! (jembatan lama), Selasa (12/2/2019).

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR