Sekolah yang Tidak Mau Berkerjasama dengan Dunia Usaha Akan Dievaluasi

Daerah

Kamis, 7 Februari 2019 | 15:03 WIB

190207150423-sekol.jpg

Pepi Irawan

Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum bersama Ketua MKKS dan para kepala sekolah

WAKIL Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meminta kepada para Kepala Sekolah menengah atas dan kejuran (SMA/K) untuk bisa bekerjasama dengan dunia usaha untuk mengatasi pengangguran dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja lulusan. Seandainya ada yang tidak mampu Wagub akan segera dilakukan evaluasi.

Hal tersebut disampaikan Uu saat melakukan silaturahmi dan pembinaan kepada Kepala SMA/SMK Ciamis dan Banjar KCD Wilayah III di Aula SMA N 2 Ciamis Kamis (7/2/2019).

"Kepala sekolah harus bisa mengadakan kerjasama dengan dunia usaha. Baik dengan UMKM, sektor ril dan dunia kerja lainnya. Jadi minimal ada dorongan untuk masuk kerja kepada yang sudah MoU. Kalau tidak bisa akan kami evaluasi," ujar Uu.

Uu juga meminta SMK untuk memberikan pemahaman tentang wawasan hidup dan ekonomi kepada para siswa. Hal tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

"Dari sejam pelajaran itu, 40 menit untuk pelajaran, sedangkan 5 menitnya bisa diberikan wawasan kehidupan dan ekonomi," jelas Uu.

Terkait dengan silaturahmi dan pembinaan tersebut, Uu menyatakan untuk menyamakan persepsi. Tidak dipungkiri pasca Pigub Jabar kebersamaan di dunia pendidikan terkoyak. Namun hal tersebut merupakan hal wajar untuk hak menyalurkan aspirasi.

"Kehadiran kami disini untuk membangun emosional, kami selaku pimpinan memiliki tanggung jawab. Kalau tidak dibantu di daerah tentunya tidak bisa mewujudkan Jabar juara lahir batin. Karena semua elemen sangat penting untuk persatuan dan kesatuan. Ini adalah kebersamaan," ungkap Uu.

Uu juga menyampaikan program ajengan masuk sekolah. Untuk meningkatkan nilai moral akhlak para peserta didik. Hal ini sebagai komitmen Pemprov Jabar di dunia pendidikan.

"Untuk mencegah radikalisme yang saat ini sudah masuk kepada generasi melenial," tandasnya

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN II Ciamis yang juga ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) H Endang Rahmat,menyambut dengan baik atas kedatangan Wakil Gubernur melakukan pembinaan di Sekolahnya.

"Saya sangat terharu dengan ucapanya,sehingga itu menjadi motivasi bagi kami semua khususnya para kepala sekolah untuk lebih bekerja dan memperhatikan siswa didiknya demi masa depanya." pungkasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR