Pemkab Pangandaran Akan Bangun Puskesmas Bintang Tiga di Cijulang

Daerah

Jumat, 1 Februari 2019 | 19:18 WIB

190201191917-pemka.jpg

Agus Supriyatman

Wakil bupati Adang Hadari (baju batik didampingi oleh Kadis kesehatan saat pemaparan pelayanan kesehatan diruang kerja kantor wakil bupati jumat 1/2/2018.

PEMERINTAH Kabupaten Pangandaran akan membangun puskesmas bintang tiga di beberapa tempat, salah satunya pembangunan Puskesmas Cijulang. Hal ini terungkap dalam ekspose pembangunan Puskesmas yang diadakan di ruang Wakil Bupati Pangandaran, Jumat, (1/2/2019).

Ekspos sendiri dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari. Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Drg Yani Achmad Marzuki M.MKes dan beberpa pejabat Dinas Kesehatan lainya.

Menurut Wakil Bupati Pangandaran keberadaan Puskesmas di kecamatan Cijulang sangatlah penting

"Puskesmas Cijulang ini sangat penting, selain penduduknyadi Kecamatan Cijulang itu banyak, juga tak menutup kemungkinan penduduk perbatasan dari kecamatan Cimerak pun akan berobat ke sini, selain itu ditambah adanya Bandara Nusawiru " ujarnya.

Wabup mengharapkan kelengkapan fasilitas di Puskesmas Cijulang harus lengkap. "Harapan masyarakat Cijulang puskesmas cijulang tersebut menjadi puskesmas dengan layanan rawat inap, di parigi saja sering penuh"ucapnya

Selain itu Wabup menekankan penerapan standr operasional prosedur (SOP) dalam melayani masayarakat. "Di Puskesmas Cijulang alur pelayanan harus jelas. Sisitem yang ada di puskesmas pangandaran terapkan di cijulang, Saya tak mau melihat ada limbah di karung, di dus. Standar Oprasional Pegawainya atau SOP harus jelas, kita harus meningkatkan pelayanan" tambahnya.

Lanjutnya, Keberadaan pelayanan bagi disabilitaspun harus ada dan harus diatur alurnya, Ruang layak anak dan pelayanan untuk lansia juga harus ada

Dalam membangun puskesmas, Pemkab merujuk pada peraturan Menteri Kesehatan no 75 tahun 2014 tentang pusat kesehatan masyarakat.

Puskesmas Cijulang sendiri direncanakan akan dibangun melalui bantuan dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR