181206200438-kodim.jpg

Agus Somantri

Dandim 0611 Garut, Letkol Inf. Asyraf Aziz.

Kodim 0611 Garut Siaga Penuh Antisapi Bencana

Daerah

Kamis, 6 Desember 2018 | 20:02 WIB

Wartawan: Agus Somantri

SELURUH jajaran Kodim 0611 Garut saat ini bersiaga penuh mengantisipasi terjadinya ancaman bencana alam, terutama selama musim penghujan. Beberapa waktu ke belakang, sejumlah bencana memang sempat terjadi mulai dari genangan banjir hingga tanah longsor yang menerjang sejumlah wilayah di Garut Selatan.   

Komandan Kodim (Dandim) 0611 Garut, Letkol Inf. Asyraf Aziz, menuturkan sejak memasuki musim penghujan ia sudah mengumpulkan seluruh jajarannya. Kepada seluruh jajarannya, ia pun meminta agar senantiasa waspada terhadap adanya potensi bencana di seluruh wilayah Kabupaten Garut, khususnya di kawasan selatan.

Menurut Asyraf, diantara bencana yang harus betul-betul diantisipasi dan di waspadai adalah banjir, tanah longsor dan pergerakan tanah yang bisa datang secara tiba-tiba sehingga bisa mengancam keselamatan warga.  

"Hingga saat ini sendiri memang beberapa kejadian (bencana) sudah sempat terjadi di beberapa wilayah, seperti banjir dan tanah longsor dan mengakibatkan tertutupnya akses jalan warga," ujarnya, Kamis (6/12/2018).

Dengan segala potensi ancamannnya, lanjut Asyraf, seluruh jajaran Kodim 0611 Garut  pun dalam posisi siaga penuh selam 24 jam dan siap bergerak cepat. Setiap waktu, khususnya saat hujan turun seluruh jajarannya diwajibkan untuk melaporkan setiap perkembangan situasi di seluruh wilayah sehingga terantisipasi.  

“Kita memonitor setiap bangsit (perkembangan situasi) di seluruh wilayah Kabupaten Garut, apalagi saat hujan turun dengan intensitas rendah maupun tinggi. Bahkan para Babinsa akan langsung bergerak ke wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi longsor agar langsung berpindah ke lokasi yang dianggap aman,” ucapnya.

Asyraf menyebut, jika pihaknya sudah melakukan pemetaan kawasan mana saja yang rawan terjadi bencana di seluruh wilayah Kabupaten Garut. Hal tersebut, menurutnya
bisa memudahkan anggota untuk memberikan himbauan kepada warga yang tinggal di daerah rawan bencana agar mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Diluar hal itu, tentunya kita juga senantiasa melakukan koordinasi dengan unsur terkait tentang penyiapan sarana dan prasarana untuk mngatasi bencana alam ini. Apalagi berdasarkan hasil kajian dari BKMG (Badan Meteorogi, Klimatologi, dan Geofisika) hampir seluruh wilaya Kabupaten Garut ini rawan terjadi bencana alam,” katanya.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR