181011175653-berha.jpg

Ade Hadeli

Berharap Hujan, Warga Darmaraja Gelar Shalat Istisqa

Daerah

Kamis, 11 Oktober 2018 | 17:56 WIB

Wartawan: Ade Hadeli

Terjadinya kekeringan akibat hujan tak kunjung turun membuat warga di wilayah Kecamatan Darmaraja Kab. Sumedang menggelar shalat istisqa di sekitar Waduk Jatigede, tepatnya di Dusun Jatiroke Desa/Kecamatan Darmaraja, Kamis (11/10/2018). Shalat ini dipimpin langsung Kyai Ishak.

Ratusan jamaah yang hadir, nampak khusuk sambil melapalkan doa agar hujan segera turun. "Kemarau yang berkepanjangan, telah mengakibatkan sejumlah mata air mengering. Akibatnya, masyarakat kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari," kata H. Agus, tokoh masyarakat Darmaraja.

Kesulitan seperti itu juga dirasakan para petani yang kini tidak lagi dapat mengairi sawah. Akibatnya mereka mengalami kerugian karena gagal panen dan tanan.

Hal serupa juga tak luput dialami petani ternak sapi, domba dan sejenisnya. Dimana kemarau panjang saat ini, telah membuat rumput menjadi kering. Situasi ini telah menyebabkan mereka kesulitan untuk mencari pakan (rumput).

"Berangkat dari kesulitan yang dialami warga, akhirnya kami bersama unsur stake holder yang lain, menyepakati untuk melaksanaksn shalat Istisqa," katanya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR