180808160444-tutup.jpeg

Dally Kardilan

Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan saat ikut bernari tarian maumere bersama ibu-ibu gabungan dan warga masyarakat.

Tutup TMMD Subang, Pangdam III/Siliwangi Joget Maumere

Daerah

Rabu, 8 Agustus 2018 | 16:04 WIB

Wartawan: Dally Kardilan

PANGDAM III/Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Danrem 063 SGJ, Kol. Arm. Maryudi, Kadisops.Lanud Suryadarma, Kol. Pnb.Khairun Aslam, Dandim 0605 Subang, Letkol Inf.Fikri Ferdian, Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni, Kajari dan Plt. Bupati Subang serta isteri berbaur dengan ratusan warga mengikuti tarian Maumere sebagai penutup kegiatan TMMD 102 di lapangan Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Subang, Rabu (8/8/2018).

Selain pementasan tarian kolosal maumere sebagai tanda kehadiran TNI membangun desanya hanya untuk mensejahterakan dan membahagiakan mereka, juga ada santunan kepada jompo serta paket sembako, khitanan missal, donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan kawin massal dengan saksinya langsung Pangdam III Siliwangi, Plt Bupati Ating Rusnatim serta Camat Cijambe, Udin Jazudin.

Bahkan untuk meninjau hasil pembangunan fisik serta memberikan santunan, Mayjen TNI Besar berkendaraan sepeda motor trail. “Saya cukup bangga atas hasil-hasil yang telah dicapai semoga saja bisa bermanfaat dan menjaga serta memeliharanya, “kata Pangdam sebagaimana amanat Kepala Staf Angkatan Darat, Jendral TNI Mulyono, pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional nawacita yg ingin mewujudkan membangun Indonesia dari pinggiran.

Ia menyebutkan, potensi yang ada dipedesaan harus dikembangkan, dan kekurangannya harus diatasi guna mencapai pemerataan. Salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut melalui kegiatan TMMD ke-102 TA 2018 yg di selenggarakan selama 30 hari. “Secara nasional TMMD tersebar di 50 kabupaten, 50 Kecamatan dan 79 Desa dengan didukung pemda dan dinas terkait termasuk kejaksaan serta kepolisian," ujarnya.

Diharapkan upaya yang telah dilaksanakan dapat menjadi pemicu dan mendorong masyarakat untuk maju dan berkembang. Pada akhirnya akan menguatkan imunisasi bangsa sebagai generasi milenial yang berdaya saing tinggi, mempertahankan semangat kemanunggal TNI dan Masyarakat serta semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa.

Dandim 0605 Subang, Letkol Inf.Fikri Ferdian sendiri menyebutkan, TMMD di wilayah kerjanya telah berhasil mewujudkan program rehabilitasi rumah tidak layak huni, pembukaan jalan baru, pengerasan serta pembuatan tembok penahan tanah dan gorong-gorong. Selain itu perbaikan rumah ibadah, Poskamling dan saluran drainase.

“Termasuk sasaran non-fisik untuk menumbuhkan kekebalan dalam menghadapi isu-isu disintegrasi bangsa dan hal-hal yang mengarah kepada konflik sosial melalui berbagai penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan, kerukunan antar umat beragama, serta bahaya Narkoba dan paham-paham radikal," jelasnya. 

Termasuk diberikan juga asistensi tentang pemeliharaan Kamtibmas, pencegahan dan penanganan Karhutla (Kebakaran hutan dan lahan), penyuluhan kesehatan dan program KB, serta bimbingan tentang cara-cara bertani dan beternak yang modern.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR