180711214758-ini-c.jpg

Agus Somantri

Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Ini Cara Pemkab Garut Cegah Bencana Alam

Daerah

Rabu, 11 Juli 2018 | 21:47 WIB

Wartawan: Dadang Setiawan

PEMERINTAH Kabupaten Garut, Jawa Barat, bekerja sama dengan perguruan tinggi melakukan pencegahan bencana alam, seperti abrasi dan banjir dengan meluncurkan model desa rehabilitasi hutan dan lingkungan (RHL) di Kampung Cimanuk Citanduy, Desa Cilampunyang, Kecamatan Malangbong, Garut.

"Semoga dengan adanya rehabilitasi hutan dan lahan yang dilakukan dengan berbagai macam metode tersebut dapat mengurangi lahan kritis yang ada di hulu daerah aliran sungai (DAS) Cimanuk," kata Bupati Garut, Rudy Gunawan saat peluncuran Desa RHL di Malangbong, Garut, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya, kegiatan menerapkan model desa RHL itu kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Perhutani Garut dan dinas terkait lainnya.

Selain itu, kata Rudy seperti dilansirkan Antaranews, kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi yakni Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Siliwangi.

Menurut bupati, model Desa RHL berbasis DAS menunjukan cara untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik, sehat serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, desa RHL dapat meningkatkan keamanan lahan dari abrasi dan penghijauan, bahkan akan memiliki potensi wisata. "Diharapkan tidak akan terjadi lagi bencana alam berikutnya," katanya.

Ia mengungkapkan, bencana alam banjir di DAS Cimanuk wilayah Garut tahun 2016 telah menimbulkan kerugian materi dan banyak korban jiwa. Bahkan bencana banjir Sungai Cimanuk itu telah menyebabkan kerugian materi yang sangat besar mencapai Rp 300 miliaran.

"Bencana alam banjir di DAS Cimanuk hulu pada Tahun 2016 lalu telah menyebabkan kerugian yang sangat besar yaitu mencapai lebih dari Rp300 miliar, dan korban jiwa," katanya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR