180709181839-kuali.png

merdeka.com

Ilustrasi.

Kualitas Pendidikan di Subang Ada Penurunan

Daerah

Senin, 9 Juli 2018 | 18:18 WIB

Wartawan: Dally Kardilan

KEPALA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang, H.Suwarna Murdias, M.Pd mengakui kalau kualitas pendidikan di wilayah kerjanya masih kurang bagus. Untuk ini, pihaknya akan segera mewujudkan Pendidikan Subang Bermutu.

Hal ini diungkapkan Suwarna, Senin (9/7/2018)  saat ditanya terkait masih adanya keluhan anjloknya nilai UN SMP sehingga berpengaruh terhadap penerimaan peserta didik baru (PPDB). “Kalau ada pengaruh terhadap PPDB hanya sedikit karena system penerimaan berbeda dengan tahun sebelumnya. Sedangkan turunnya nilai UN tidak hanya Subang, tetapi nyaris secara Nasional, “jelasnya.

Untuk menjawab masalah anjloknya nilai tersebut, lanjut Suwarna, mutu pendidikan di sekolah negeri harus segera ditingkatkan. Apalagi penurunan ini terjadi di sekolah negeri.

Para guru di sekolah negeri juga harus introspeksi terhadap kenyataan itu, Sebab dibanding swasta, mulai dari gaji dan sarana di sekolah lebih memadai. Ditambah kini para pengajar mendapat tunjangan sertifikasi.

Suwarna menduga, rendahnya kualitas pendidikan ditingkat sekolah negeri, lantaran banyak pengajar yang sudah senior namun tidak diimbangi dengan pengetahuan teknologi yang mumpuni. Ditambah adanya yang pensiun sehingga jumlah guru berkurang.

“Bayangkan dari jumlah guru SMP yang ada di Subang sebanyak 3.117 orang banyak yang pensiun. Kalau tidak ada pengangkatan pada tahun 2018 atau 2019 bagaimana ke depannya,“ ungkapnya.

Sedangkan soal kualitas kecerdasan siswa ada dugaan  menurun, Suwarna lebih menilai terhadap  proses pembelajaran di sekolah yang harus ditingkatkan lagi seperti halnya sarana computer atau prosesnya dalam menghadapi ujian.

“Ada simulasi terlebih dahulu, nyatanya tidak sama dan tidak semua siap dengan komputerisasi, termasuk untuk pengadaannya bisa-bisa dinas tidak ada kegiatan lain,“ katanya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR