180707194017-bersa.jpg

Eddie Karsito

Kapolres Ciamis Jawa Barat AKBP Bismo Teguh Prakoso

Bersama Pemimpin "Merakyat" Setiap Orang Dalam Kesejahteraan

Daerah

Sabtu, 7 Juli 2018 | 19:40 WIB

Wartawan: Eddie Karsito

Kapolres Ciamis Jawa Barat, AKBP Bismo Teguh Prakoso menekankan tentang pentingnya memosisikan diri dalam situasi orang lain, agar jiwa empati kita bertumbuh.

“Hasilnya, kita akan merasa tergerak untuk memperlihatkan lebih banyak kasih, kebaikan hati, dan keibaan hati, kepada orang-orang yang perlu mendapat perhatian. Inilah jiwa pelayan; pelayan masyarakat,” ujarnya melalui pesan seluler yang disampaikan kepada galamedianews.com, di Jakarta, Jum’at (06/07/2018).

Amalan yang paling dicintai Allah setelah yang fardu, tukas Bismo, adalah memasukkan kegembiraan di hati setiap orang. Hal ini, kata Bismo, sesuai semboyan Kepolisian, yang harus sering diingat bagi para Polisi, yaitu; ‘Melayani, Melindungi, dan Mengayomi Masyarakat.

“Diantara amalan yang paling dicintai Allah adalah memasukkan kegembiraan di hati setiap orang. Melapangkan kesedihannya, membantu kesulitannya, atau memberi makan untuk menghilangkan rasa laparnya. Pupuklah sikap seperasaan; sepenanggungan,” ujar Kapolres termuda se-Indonesia ini.

Salah satu sikap sepenanggungan itu, diantaranya dilakukan Bismo, dengan membantu kakek Karsim, warga Dusun Pabrik Desa, Sukadana Kecamatan Ciamis, yang sudah 30 tahun penderita lumpuh. Kapolres Ciamis ini, membantu memperbaikik rumah Karsim yang reyot dan kurang layak huni.

“Kita sebagai pilar Negara merasa terpanggil dan turut peduli dengan kondisi yang ada di masyarakat. Secara kebetulan apa yang kita lakukan saat ini masih dalam suasana HUT Bhayangkara ke-72,” terangnya.

Bedah rumah yang dilakukan AKBP Bismo Teguh Prakoso ini, dapat disaksikan melalui akun instagram @humaspolresciamis dan akun youtube Humas Polres Ciamis, https://www.youtube.com/watch?v=E1PISEKPrGY&feature=youtu.be

Melalui tayangan di youtube, kakek Karsim yang sudah berusia 100 tahun itu tampak berkali-kali menebar senyum. Kebahagian tergambar jelas dari balik raut wajahnya yang dipenuhi keriput.

Setidaknya, Rabu (04/07/2018) lalu, menjadi momentum paling indah bagi kakek Karsim. Beliau sudah 30 tahun penderita lumpuh dan tinggal di rumah reyot yang kurang layak huni.

Tapi hari itu, kenangan tentang rumah reyot di Dusun Pabrik Desa Sukadana Kecamatan Sukadana Ciamis berakhir. Sebab Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso membedah atau merenovasi rumah kakek yang tidak memiliki anak juga menderita lumpuh.

Renovasi dilakukan 80 orang, termasuk Kasat Binmas AKP Firman, Kapolsek Sukadana Iptu. M. Rofiq Arif, dan anggota Polres Ciamis, serta tiga pilar dari unsur Pemerintahan, TNI dan dibantu warga setempat.

“Kita bersama-sama bahu-membahu membangun rumah Bapak Karsim, dengan inisiatif  dan keterbukaan hati. Bila semua penguasa ataupun pemimpin mau menjadi pelayan rakyat, insya Allah tegaklah keadilan dan setiap orang berada dalam kesejahteraan,” ujar Bismo menutup pembicaraan.

Editor: boedi azwar



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR