180610132711-jumlah-pemudik-masuk-terminal-indihiang-mulai-meningkat.jpg

Septian Danardi

Jumlah Pemudik Masuk Terminal Indihiang Mulai Meningkat

Daerah

Minggu, 10 Juni 2018 | 13:27 WIB

Wartawan: Septian Danardi

JUMLAH pemudik yang datang ke Terminal Type A Indihiangn Kota Tasikmalaya, mulai meningkat pada Minggu (10/6/2018) pagi. Berdasarkan data dari pihak terminal jumlah kedatangan pemudik naik mencapai 30 sampai 40 persen.

Selain penumpang dari Ibu Kota Jakarta dan Bandung, pemudik dari Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai berdatangan. Lorong kedatangan pemudik dipenuhi penumpang dengan barang bawaan yang cukup banyak untuk oleh-oleh keluarga di kampung halaman.

"Lima hari jelang lebaran kedatangan pemudik di Terminal Type A Indihiang naik sekitar 40 persen. Kedatangan mereka dari Jakarta ke Tasikmalaya. Pemudik tujuan Tasikmalaya hanya sebagian saja, Sebagian pemudik ini hanya transit di Terminal Type A Indihiang. Yakni menuju kota sekitarnya Seperti Ciamis, Banjar dan Pangandaran," kata Petugas Pendata Penumpang Terminal Type A Indihiang, Ratih Damayanti saat ditemui di ruang kerjanya.

Salah satu pemudik asal Banjar Dedah (34) mengungkapkan, dirinya bersama saudaranya merantau di Sumedang. Ia hendak berlebaran di kampung halaman.
Dikatakannya, dirinya hendak ke Banjar menunggu bis di terminal Sumedang cukup lama sampai satu jam lebih. Karena tidak ada bis tujuan Banjar, maka dirinya naik bis tujuan Tasikmalaya dan akan disambung naik bis tujua Banjar.

"Naik bis dari sumedang penuh sampai berdiri. Alhamdulillah selama dijalan belum macet, tapi sudah ramai dengan kendaraan. Namun di Terminal Tasikmalaya juga harus nunggu lama kedatangan bis," katanya.

Sementara pemudik dari Jawa Timur, Syarifudin mengungkapkan, dirinya yang bekerja di Sidoarjo hendak mudik ke Bandung. Akan tetapi setelah sampai di Terminal Type A Indihiang malah diturunkan paksa.

"Tidak jelas kenapa dan ada apa. Meski ongkos perjalanan itu dekembalikan sebagian oleh kernet bis. Meski kecewa, akan tetapi para penumpang tersebut harus tetap turun. Sehingga perjalanan mudiknya menuju Bandung harus terhenti sampai bis tujuan yang sama masuk terminal.

Akibat keterbatasan angkutan lebaran membuat ratusan penumpang terlantar di Terminal Type A Indihiang Kota Tasikmalaya. Sementara pihak terminal memprediksi puncak arus mudik akan terjadi nanti malam sampai H-2 lebaran.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR