Kadinkes Garut Mundur, Legislator Desak Pjs Bupati Tunjuk Plt Kadinkes

dokumen galamedianews.com

Tenni Swara Rifai

Kadinkes Garut Mundur, Legislator Desak Pjs Bupati Tunjuk Plt Kadinkes

Daerah

Jumat, 8 Juni 2018 | 08:27 WIB

Wartawan: Robi Taufik Akbar

TENNI Swara Rifai telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Garut, beberapa hari lalu. Surat pengunduran dirinya bahkan sudah di terima Pjs. Bupati Garut, Koesmayadie Tatang serta DPRD Garut.

Mundurnya Kepala Dinas Kesehatan Garut, terjadi kekosongan jabatan. Bahkan, akan berdampak terhadap segala bentuk pelayanan publik serta penyerapan anggaran. Guna tidak terjadi lambatnya serapan anggaran, legislator dari Fraksi PDIP sekaligus Wakil Ketua Komisi A DPRD Garut, Yuda Puja Turnawan, angkat bicara.

Menurutnya, Pjs. Bupati Garut, Koesmayadie Tatang, harus segera menunjuk Petugas Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan yang ditinggalkan dr. Tenni Swara Rifai. "Harus segera menunjuk Plt, agar segala bentuk kegiatan dan pelayanan publik berjalan normal. Apalagi Kepala Dinas sebagai Kuasa Pengguna Anggaran di SKPD," ujarnya, Kamis (7/6/2018) malam kepada wartawan, di sela-sela kesibukannya persiapan Sahur On The Road.

Dikatakan Yuda, jika tidak segera dilakukan penunjukan Plt. Kadinkes, dikhawatirkan, segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan pembangunan baik yang di biayai oleh APBD Garut, APBD Provinsi dan APBN akan terhambat penyerapannya. Hal ini juga akan menjadi kerugian besar bagi Pemerintah Kabupaten Garut.

"Saat ini sedang gencar-gencarnya penyerapan anggaran, jangan sampai terhambat," ucap Yuda.

Ia juga menuturkan, adanya kejadian mundurnya jabatan Kadinkes Garut, harus segera diantisipasi oleh Pemkab Garut. Yang mana dalam PP ASN sudah di atur tentang manajemen kepegawaian. Salah satunya mengatur lelang jabatan (Open Bidding).

"Nah, seharusnya kalau Open Bidding dijalankan, jika ada pejabat setingkat Kadis mundur atau meninggal dunia sudah ada yang siap untuk mengisi kembali jabatan yang ditinggalkan tanpa harus menunggu lagi proses seleksi," kata Yuda.

Yuda juga berharap, Pemkab Garut tidak lambat dalam melakukan penunjukan Plt Kadinkes tersebut. "Jangan terus di biarkan walaupun baru beberapa hari penggantinya harus sudah siap atau menunjuk Plt,"

Dalam penunjukan Plt, Pemkab Garut jangan sampai terjadi rangkap jabatan. Seperti halnya Plt Kepala Dinas Pendidikan yang di jabat oleh Kepala DPMPD.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR