Menkop UKM Hibahkan Gedung PLUT KUMKM

Dally Kardilan

Menkop UKM Hibahkan Gedung PLUT KUMKM

Daerah

Kamis, 7 Desember 2017 | 16:55 WIB

Wartawan: Dally Kardilan

KEMENTRIAN Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah melalui Deputi Restrukrisasi Usaha, Ir. Abdulkadir Damanik secara resmi menghibahkan bangunan gedung pusat layanan usaha terpadu (PLUT) KUKM yang berlokasi di Jalan KS Tubun, Subang, Kamis (7/12/17). Selain itu diberikan beberapa bantuan untuk pengusaha kecil dan koperasi.

Penyerahan surat hibah yang berbarengan dengan gelaran Subang Expo 2017 di  halaman kantor PLUT Subang ini diterima langsung Bupati Subang, Hj.Imas Aryumningsih.

“Saya mohon bangunan ini diterima dengan baik setelah program PLUT ini dilucurkan pada 2013 dan Pemda sebagai pengelolanya. Saya pun mohon jangan sampai dialih-fungsikan selain program UMKM,“ kata Abdulkadir Damanik.

Dia menjelaskan, Kementerian hingga tahun tahun 2017 telah membangun sebanyak 51 unit yang tersebar di seluruh Indonesia di atas lahan yang disediakan oleh Pemerintah Daerah dan dilengkapi dengan sarana serta prasarananya termasuk biaya operasional dari kementrian yang sifatnya  sementara antara 3-5 tahun.  

"Di PLUT terdapat 5 orang tenaga pendamping dari kementerian sesuai keahlian masing-masing, ada produksi pembiyayan, pemasaran, kerjasama dll jadi mohon diperhatikan," tambahnya.

Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih sendiri berterimakasih atas hibah gedung PLUT KUMKM dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi. Pihaknya akan tetap menjaga dan memeliharanya karena koperasi ini merupakan wujud perekonomian atas kebersamaan masyarakat sehingga menjadi penting untung meminimalisir permasalahan social.

"Kehadiran PLUT ini sangat diharapkan perannya dalam mendorong dan meningkatkan kemampuan daya saing pelaku usaha dan tentu saja harus ada sinergitas dari  lembaga dan dinas terkait guna mengangkat produk-produk unggulan daerah kita, sehinga produk kita bisa naik kelas," ujarnya dan Bupati juga memberikan penghargaan kepada Perbankan dan permodalan yang selalu setia memberikan bantuan modal bagi perkembangan dunia usaha menengah dan koperasi.

Subang Expo sendiri, menurut Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Pedagang dan Perindustrian Kabupaten Subang, H.Ugit Sugiana digelar guna peningkatan kualitas produk yang dihasilkan palaku UMKM Subang dan mempromosikan produk-produk hasil karya koprasi dan para penggerak UMKM.

"Acara ini ditargetkan diikuti oleh 1000 orang yang terdiri dari penggerak koperasi, pelaku UMKM, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum," jelasnya dengan harapan menjadi peluang mediasi pelaku usaha dengan lembaga pembiayaan ada kemitraan.

Selain dihadiri perwakilan kementerian koperasi expo ini turut dihadiri Asisten Deputi Pendampingan Usaha, Eviyanti Nasution, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jabar Dudi Sudrajat Ketua Dekopinwil Jabara, Muspida, dan Pimpinan Cabang Bank BJB, BNI dan BRI serta tamu undangannya lainnya.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR