Pengamat Ekonomi: Peran BUMDES Harus Dioptimalisasi

Pepi Irawan

Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Unigal, Sukomo.

Pengamat Ekonomi: Peran BUMDES Harus Dioptimalisasi

Daerah

Jumat, 21 April 2017 | 17:06 WIB

Wartawan: Pepi Irawan

PENGAMAT ekonomi sekaligus Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, Sukomo menilai selama ini Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) masih belum banyak berperan dalam program pembangunan serta peningkatan perekonomian di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Untuk itu, peranan BUMDES perlu dioptimalkan guna mendongrak laju pertumbuhan Ekonomi masyarakat,” kata Sukomo ketika ditemui di Ruang Rektorat Kampus Unigal Ciamis, Jumat (21/4/2017).
 
Sukomo menjelaskan, BUMDES dapat dikembangkan agar bisa mempersiapkan sarana dan prasarana kegiatan ekonomi masyarakat yang ada di desa. Misalnya jika para petani butuh beli bibit, pupuk dan yang lainnya, mereka bisa mendapatkannya dari BUMDES.

“Kemudian, BUMDES menampung hasil kegiatan-kegiatan pertanian maupun non pertanian. Nah BUMDES bikin juga pemasarannya ke luar. Dengan begitu BUMDES memiliki kesempatan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga,” katanya.

Sukomo menambahkan, ketika BUMDES berperan optimal, petani atau masyarakat cukup fokus di tingkatan produksi, modal dan bahan baku semua tersedia dan bisa didapatkan di BUMDES, dengan demikian pergerakan pertumbuhan perekonomian masyarakat bisa meningkat pesat.

“Dengan seperti ini, masyarakat petani hanya perlu memikirkan produksi dan kualitas. Untuk pemasaran biar diserahkan ke BUMDES. Bila ini berjalan dan BUMDES bisa menyiapkan hal itu, maka ekonomi desa akan bagus sekali,” katanya.

Kendati demikian, Sukomo menyoroti soal kesiapan tenaga atau sumber daya manusia (SDM) pengelola BUMDES. Untuk menyiasati persoalan tersebut, dia menyarankan agar pemerintah melibatkan akademisi untuk program pendampingan.

Editor: H. Dicky Aditya

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR