Polres Bandung Waspadai Perjudian saat Pilkades Serentak

Crime Story

Rabu, 23 Oktober 2019 | 09:25 WIB

191023092736-polre.jpg

POLRES Bandung telah membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk menindak segala bentuk praktik perjudian menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bandung, yang akan berlangsung pada 26 Oktober 2019 mendatang.

Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan mengatakan, pembentukan satgas khusus tersebut dilakukan karena praktek tindak pidana perjudian sangat rawan terjadi pada pelaksanaan Pilkades.

"Sebagai upaya kami dalam mencegah hal itu (perjudian), kami bentuk satgas. Selain itu, kami juga menyoroti adanya praktek kampanye hitam yang kerap terjadi menjelang Pilkades," ungkap Indra di Mapolres Bandung, Jln. Bhayangkara, Soreang, Kab. Bandung, Rabu (23/10/2019).

Diakui Indra, pihaknya sudah beberapa kali menemukan peredaran pesan yang menjelek-jelekkan salah satu calon Kepala Desa (Kades) di Media Sosial dan aplikasi pesan singkat.

"Kami melihat kubu dari para calon ada yang saling menjelekkan di media sosial. Jadi patroli siber sudah kami lakukan sejak awal," ungkapnya.

Terkait personel pengamanan Pilkades serentak ini, Indra menegaskan, anggota yang diterjunkan akan diatur dalam dua tahapan penting selain patroli rutin yang sudah berjalan. Kedua tahapan penting yang membutuhkan pengamanan ekstra itu, yaitu saat pencoblosan dan penghitungan suara.

"Untuk hari pencoblosan kami menurunkan sekitar 900 personel Polri, 400 personel TNI serta di masing-masing desa ada tambahan 20 personel linmas. Sehingga, totalnya ada sekitar 1500 personel di 199 desa yang akan menggelar Pilkades," ujarnya.

Editor: Kiki Kurnia



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA