Polsek Ibun Ringkus 3 Tersangka Curanmor Berikut 18 Unit R2 dan Barang Buktilainnya

Crime Story

Kamis, 25 Juli 2019 | 17:20 WIB

190725171315-polse.jpg

Engkos Kosasih

UNIT Reskrim Polsek Ibun Polres Bandung berhasil mengungkap spesialis pencurian kendaraan roda dua di sejumlah lokasi Kabupaten Bandung dan Kota Bandung, Kamis (25/7/2019). Ketiga orang tersangka tersebut inisial H (19), G (19), dan Y (20) mereka warga Kampung Cihurang Desa Karyamukti, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut berhasil diringkus Unit Reskrim Polsek Ibun.

Dalam pengungkapan pencurian kendaraan roda dua itu, Polsek Ibun berhasil menyita dan mengamankan 18 unit sepeda motor dari berbagai jenis dan merek. Berikut barang bukti sebuah magnet dan empat kunci astag yang digunakan ketiga pelaku untuk melancarkan aksinya.

"Kami masih mengembangkan pelaku lainnya yang saat ini masih buron dan dinyatakan dalam daftar pencarian orang (DPO). Yaitu inisial D dan M. Dua pelaku yang masih kita buru karena masuk dalam komplotan dan jaringan ketiga tersangka yang saat ini sudah ditahan di jeruji besi Mapolsek Ibun," kata Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan melalui Kapolsek Ibun Iptu Carsono kepada wartawan saat ekspos perkara pencurian kendaraan bermotor di Mapolsek Ibun, Kamis sore.

Didampingi Camat Ibun Adjat Sudradjat dan Danramil Paseh-Ibun Kapten Inf Asep Sukandar, Carsono menegaskan, para pelaku nekat melakukan pencurian kendaraan roda dua dengan modus baru.

"Ketiga tersangka menggunakan magnet, sehingga tutup kunci kontak sepeda motor tak rusak. Magnet itu dibeli seharga Rp 300 ribu dari seseorang yang diduga dari komplotan para pelaku. Magnet ini digunakan untuk mencuri motor yang ada magnetnya di bagian kunci kontak," kata Carsono.

Ditegaskan Carsono, ketiga komplotan pelaku pencurian tersebut memiliki peran berbeda-beda. "Tersangka G berperan sebagai pemetik kendaraan, sedangkan tersangka H dan Y merupakan joki yang berperan membawa hasil curian kendaraan roda dua," jelasnya.

Mengingat banyaknya barang bukti kendaraan roda dua dan tempat kejadian perkara pencurian, imbuh Carsono, pihaknya masih mengembangkan kasus pencurian itu, untuk mengetahui siapa pemiliknya.

Dalam pengungkapan pencurian sepeda motor itu, imbuh Carsono, berawal dari kasus pencurian kendaraan roda dua jenis Honda sport milik Deri Haryanto (23) warga Kampung Patrol Desa/Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung pada 18 Juli 2019 pukul 22.00 WIB.

"Saat itu, Deri bertamu di rumah temannya di Jalan Paseh Kampung Patrol Desa Ibun. Disaat dirinya sedang ngobrol dengan temannya, mendengar suara motor dibawa pergi oleh pelaku. Lalu, korban lapor ke Polsek Ibun. Polisi bersama korban melakukan penyelidikan," katanya.

Disaat melakukan penyelidikan, kata Carsono, salah satu dari tersangka, yaitu H diketahui ada di jembatan Kuning Cukang Monteng Kamojang.

"Saat itu, tersangka H kita interogasi dan benar yang bersangkutan merupakan joki yang turut membantu melakukan pencurian," katanya.

Setelah dilakukan penangkapan terhadap tersangka H, lanjut dia, jajaran Unit Reskrim Polsek Ibun melakukan pengembangan untuk mencari kendaraan yang dibawa pemetik. "Kurang dari 24 jam, kendaraan roda dua milik Deri berhasil didapatkan karena belum sempat dijual pelaku," katanya.

Saat itu, petugas langsung mengamankan tersangka G dan Y berikut barang buktinya. Ia mengatakan, berdasarkan keterangan dari para pelaku, mereka melakukan pencurian sejak 3 tahun kebelakang. Di Kecamatan Ibun sudah empat kali melakukan pencurian, selain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Kota Bandung.

"Para pelaku sempat melakukan aksi yang sama di Jalan Buahbatu Kota Bandung. Dalam pengembangan kasus pencurian ini, kami saat ini koordinasi dengan Satlantas Polres Bandung untuk mengecek pemilik kendaraan," jelasnya.
Kapolsek Ibun mengimbau kepada masyarakat ketika memarkirkan kendaraan untuk menggunakan kunci ganda, untuk menghambat tindakan para pelaku pencurian.

Atas perbuatannya itu, para tersangka dijerat pasal 363 jungto pasal 55 dan 56 KUH Pidana tentang Pencurian dengan ancaman penjara maksimal 7 tahun

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA