Resolusi Hijrah Anak Milenial

Citizen Journalism

Rabu, 4 September 2019 | 16:38 WIB

190904162939-resol.jpg

deskgram.net

Ilustrasi.

SELAMAT Tahun Baru Hijriah 1441 H. Alhamdulillah bagi kaum muslimin, momentum ini bisa dijadikan tonggak perubahan, baik diri maupun masyarakat yang lebih baik.

Sebagaimana Rasulullah Saw mencontohkan. Saat itu hijrah beliau dan para sahabatnya bukan sekedar pindah rumah, namun keluar dari kehidupan jahiliyah menuju kehidupan Islam penuh berkah.

Tentu, Anak Milenial tak boleh ketinggalan memaknai spirit tahun baru hijriyah. Apalagi yang merasa masih dalam kehidupan jahiliyah, resolusi-resolusi pun harus segera dirancang.

Berikut ini ada 5 resolusi recommended diwujudkan anak milenial.

1. Jadikan Akun Sosmed sebagai Akun dakwah.

Anak Milenial pasti pengguna aktif sosial media. Setiap hari tak lepas dari gadget, apakah baca berita, ataupun hanya sekedar stalking.

Sayang jika sosmed hanya dipakai ajang selfie atau pamer. Dipakai bisnis juga oke dan akan lebih oke jika akun sosmed dijadikan akun dakwah.

Akun berisi konten-konten yang inspiratif. Mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan, serta Mengingatkan orang lain agar tercegah dari keburukan.

2. Mandiri finansial.

Generasi milenial sudah tidak zaman jika hanya tergantung pada kiriman orang tua. Mulailah bisnis kecil-kecilan, atau berikan jasa dari kemampuan yang dimiliki.
Apalagi dengan adanya sosial media, produk atau jasa akan lebih mudah dipasarkan. Dengan mandiri finansial, akan membuat diri lebih bijaksana mengatur keuangan. Bisa membantu dan meringankan beban orang tua. Kuy, Tahun baru Hijriyah jadikan sebagai momentum untuk lebih mandiri finansial. Mulai dari sekarang.

3. Ikut komunitas kebaikan.

Sekarang zamannya berkomunitas. Berbagai komunitas ada, baik offline maupun online. Komunitas hafalan hadis, hafalan surat bagus sekali untuk diikuti.

komunitas kajian-kajian keislaman lainnya setiap hari bisa mendapat berbagai ilmu agama secara gratis dan menyenangkan. Jadwalkan di setiap bulannya, kapan jadwal kajian yang akan diikuti.

4. Peduli kondisi umat.

Tak sempurna jika perbaikan diri tak diikuti dengan perbaikan umat. Dari tahun ke tahun, kondisi umat masih menyedihkan.

Masalah kemiskinan, masalah pendidikan, sosial, moral, kriminalisasi ulama, korupsi, dsb. Generasi milenial harus berkontribusi dalam setiap upaya perbaikan harus dilakukan. Harus berani bersuara menyatakan kebenaran, berani mengkritik kesalahan, serta memberikan solusi perbaikan.

Bagi generasi milenial muslim, sudah selayaknya menyuarakan Islam sebagai solusi permasalahan.

Mari para generasi Milenial, kita canangkan resolusi hijrah dan wujudkan. Semoga di Tahun baru Hijriyah kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik, juga aktif berkontribusi bagi kepentingan lingkungan dan umat.


Penulis:
Idea Suciati
Alumnus PPs Fisip UNPAD
ideasuciati2017@gmail.com

Seluruh materi dalam naskah ini merupakan tanggung jawab pengirim. Gugatan, somasi, atau keberatan ditujukan kepada pengirim.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA