Siapapun Kamu, Jangan Lupa Muroja"ah ya!

Citizen Journalism

Selasa, 27 Agustus 2019 | 12:19 WIB

190827122003-siapa.jpg

ist

ilustrasi

MENJADI penghafal Alquran adalah suatu kemuliaan. Karena Alquran merupakan mukjizat sepanjang zaman dan telah terjamin keasliannya serta senantiasa terjaga dari perubahan dan pembaharuan. Beruntunglah jika berkesempatan menghafal Alquran walaupun hanya sebagian saja karena kamu termasuk orang-orang pilihan Allah.

Tentu banyak keutamaan dan pahala yang bisa didapatkan jika kita menghafal Kalam-Nya yang mulia. Malaikat akan selalu bersamanya, meninggikan derajat suatu kaum, memberikan mahkota dan jubah kemuliaan kepada kedua orang tua, menjadi sebaik-baik manusia dan masih banyak keutamaan lainnya, poin-poin tersebut pun menjadi penyemangat bagi para penghafal Alquran dalam menyelesaikan hafalannya.

Tetapi di balik mulianya seorang penghafal Alquran pastinya ada resiko dan konsekuensi yang didapatkan. Kelak di hari akhir nanti seorang penghafal Alquran harus bisa mempertanggung jawabkan hafalannya. Kewajiban muroja’ah setiap harinya menjadi wasilah (sarana) baginya agar mengikat hafalannya sehingga dapat dipertanggung jawabkan.

Namun tahukah kamu? Ternyata kewajiban muroja’ah bukan saja hanya untuk para hafiz dan hafizah, tapi kewajiban muroja’ah juga jatuh kepada kalian yang telah menghafal atau mengetahui beberapa ayat dari Alquran loh.

Mungkin berat bagi sebagian orang yang belum terbiasa untuk muroja’ah, tapi melihat kenyataannya memang harus dibiasakan dan tentu saja akan menambah amalan baik kita. Nah pada kali ini saya akan berbagi beberapa tips mudah murojaah

1. Niatkan karena Allah SWT

Semua yang diniatkan untuk Allah semata maka akan menjadi berkah disetiap kegiatannya. Kita muroja’ah hafalan bukan karena ingin mendapat pujian dari orang atau mendapat sanjungan dari lawan jenis, tapi niatkan karena Allah agar dimudahkan dan dilancarkan dalam muroja’ah.

2. Luangkan waktu

Terinspirasi dari seorang teman, katanya jangan cari waktu luang untuk muroja’ah tapi luangkanlah waktumu dan jadikanlah muroja’ah sebagai prioritas. Muroja’ah memang pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan keuletan, tentu tidak bisa berjalan jika hanya mencuri-curi waktu luang, jadi pastikan kita semua sudah membuat jadwal muroja’ah ditiap harinya ya.

3. Perbanyak tilawah

Dengan memperbanyak tilawah maka pendengaran akan terbiasa mendengar ayat-ayat Alquran sehingga memudahkan untuk muroja’ah. Metode ini juga dianjurkan oleh beberapa ulama karena banyaknya manfaat dan termasuk salah satu cara yang efektif untuk menghafal loh. Selain menambah pahala bisa juga untuk menguatkan hafalan, mudah kan..

4. Cari teman muroja’ah

Kita semua adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Terlebih lagi muroja’ah yang membutuhkan waktu lama sehingga kita membutuhkan support dari orang lain. Dengan adanya teman muroja’ah bisa meningkatkan motivasi dan berbagi pengalaman sehingga bisa dijadikan referensi untuk metode muroja’ahmu.

5. Cari lingkungan yang kondusif

Untuk mewujudkan sistem muroja’ah yang kondusif cara paling mudah adalah carilah lingkungan yang kondusif untuk medukung program muroja’ahmu agar berjalan tiap harinya. Karena muroja’ah membutuhkan lingkungan yang baik agar diri semakin bersemangat dan lebih terpacu.


Semoga bermanfaat.

Pengirim:
Aisyah Belyamin
Mahasiswa STEI SEBI
aisyahbel25@gmail.com


Seluruh materi dalam naskah ini merupakan tanggung jawab pengirim. Gugatan, somasi, atau keberatan ditujukan kepada pengirim.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA