Ini Dia Tip Ampuh dan Efektif Belajar Agar Raih Nilai Bagus

Citizen Journalism

Senin, 10 Juni 2019 | 08:31 WIB

190610083153-ini-d.jpg

SMA Kolese Gonzaga

Ilustrasi

Assalamualaikum teman-teman, kali ini aku bakal share ke kalian tenang cara belajar efektif. Tip ini cocok banget buat kalian khususnya para pelajar. Melalui sejumlah tip ini insyaallah bakal lancar dalam menghadapi ujian.

Tip ini work it banget. Jadi buat kalian para pembaca stay yah baca sampe selesai

1. Jangan lengah dari penjelasan guru
Ini penting banget dan bener-bener penting. Di saat guru menjelaskan, kalian harus dengerin dari awal sampe akhir. Hal yang guru omongin usahakan catet semua. Kalau memang terlalu susah buat ditulis karena terlalu cepet, usahain poin-poin pentingnya ditulis ya teman-teman.

Hal ini banyak banget dari mereka yang nganggepnya gak penting, tapi tanpa kalian sadari apa yang guru jelasin itu menurutnya ialah point-point dari materi yang sedang dibahas.

2. Baca yang udah ditulis sepulang sekolah
Pasti yang baca sudah ngeluh duluan nih, mikirnya pulang sekolah tuh capek lah, males lah, dsb. Tapi temen-temen cara ini bikin kamu gak gampang lupa sama yang barusan dipelajarin loh.
Gak butuh waktu lama ko buat bacanya, baca sebentar aja apa yang barusan kita tulis.  Dijamin ini ampuh biar kita gak cepet lupa sama apa yang abis dipelajarin. Karena kita baca yang baru banget kita dengerin, disaat kita baca pasti kita langsung inget kita tadi dijelasin apa aja dalam artian kita sudah menerima penjelasan dua kali dalam sehari.

oyaa kalo kita bener-bener niat dan emang udah suka belajar gak bakal males ko guys,kalian bakal ketagihan ngelakuin hal ini.

3. Punya buku khusus
Bukan cuma buku curhatan aja, tapi buku buat pelajaran khusus juga harus punya dong. BTW apa aja sih isinya? yang pertama kalian bisa nulis tanggal-tanggal penting, misal tanggal kalian ujian kapan dsb, dari situ kalian bisa narget buat belajar. misal kalian ujian dua minggu lagi, kalian udah mulai bisa belajar sedikit-sedikit dan mata pelajaran apa yang menurut kalian susah atau membutuhkan waktu lama buat memahaminya bisa dipelajari lebih dulu. oya buku khusus ini ukan cuma untuk tanggal-tanggal penting ya guys.


4. Luangkan waktu untuk membaca buku
Luangkan waktu buat baca buku-buku pelajaran, bukan buku tulis ya temen-temen.  Usahakan baca bukunya dari awal sampai akhir ya temen-temen. Karena kalian bakal nemuin kata kunci setiap materi. Jangan lupa setiap poin yang kita dapat ditulis dibuku khusus. Ketika sudah mulai mengusai materi, kalian bakal lebih semangat lagi dalam belajar pastinya. Jadi, jangan bosen-bosen buat baca buku.

5. Punya partner
Ketika di sekolah, pasti ada dong pelajaran yang gak kalian bisa? Misalnya kita gak bisa pelajaran matematika, disitu kita harus cari partner yang jago dipelajaran yang kita gak bisa, dan minta dijelasin sampai kita bisa.
Sering-sering belajar bersama. Insyaallah kita bisa mengusai pelajaran yang tidak bisa.

oyaaa sesuai janji aku diawal, aku bonusin doa mengerjakan soal nih temen-temen.

DOA MENGERJAKAN SOAL
1. Naskah soal jangan disentuh
2. Membaca Basmalah
3. Membaca Syahadat 3x
4. Membaca Doa petunjuk " ya allah, tunjukanlah kami jawaban yang paling benar"
5. Membaca Sholawat
6. Membaca: "Bismillahi tawakkaltu alallaah laa haula wa laa quwwata illa billaahil aliyyil adziim"
7. Bila sudah mantap, silahkan mengerjakan soal
8. Jika belim, ulangi doa diatas
9. Jika pada saat mengerjakan soal bingung, maka membaca
"bismillaahirrahmaanirrahiim, Allahumma alhimni rusydi wa aidni min syarri nafsii"


Pengirim
Novita Dewi
Mahasiswi STEI SEBI
novitaadw@gmail.com

Seluruh materi dalam naskah ini merupakan tanggung jawab pengirim. Gugatan, somasi, atau keberatan ditujukan kepada pengirim.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR