Program Disbudpar Kota Bandung Membina dan Mengembangkan Seni Budaya

Citizen Journalism

Senin, 11 Maret 2019 | 10:21 WIB

190311102546-progr.jpg

dok

Ilustrasi

SENI pertunjukan yang banyak  dijumpai saat ini adalah hasil dari proses pewarisan secara turun-temurun. Kesenian tersebut digarap melalui  kreativitas para seniman, sehingga kesenian mampu bertahan sampai saat ini.

Proses pewarisan yang dilakukan oleh para seniman terdahulu lebih kepada budaya lisan, sehingga sulit untuk diperoleh data secara tertulis.

Sebagaimana diungkapkan Jakob Sumardjo (2001:10) bahwa keberadaan satu jenis seni pertunjukan di masa lampau dan masa kini tersebar di wilayah yang lebih luas dalam bentuk dan struktur yang berbeda-beda, disebabkan oleh pewarisan seni tersebut secara lisan.

Hal ini terjadi lebih-lebih pada jenis seni pertunjukan yang beredar turun-temurun di lingkungan masyarakat pedesaan.

Seni pertunjukan diciptakan bukan tanpa kesengajaan, melainkan ia diciptakan berdasarkan nilai-nilai, pandangan dunia, serta kepercayaan seniman dan publiknya sebagai bagian dari suatu aktivitas sosiokultural masyarakat.

Seniman menciptakan, mengemas, dan mengkreasi seni pertunjukan sebagai bagian dari upaya kreatif yang diusung oleh semangat konstruktif melalui tindakan simbolik (Jaeni, 2012:2).

Apabila dicermati dengan saksama, ternyata seni pertunjukan memiliki fungsi yang sangat kompleks dalam kehidupan manusia. Di samping itu, antara manusia yang hidup di negara berkembang dan yang hidup di negara maju juga sangat berlainan dalam memanfaatkan seni pertunjukan dalam hidupnya.

Sebagai contoh, di negara-negara yang sedang berkembang, yang dalam tata kehidupannya masih banyak mengacu pada budaya agraris, seni pertunjukan memiliki fungsi ritual yang sangat beragam (Soedarsono, 1999:54).

Berkaitan dengan program pemajuan seni budaya, Pemerintah kota Bandung dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mempunyai tugas dan fungsi salah satunya yaitu pembinaan dan pengembangan seni budaya yang ada di wilayah Kota Bandung.

Ada beberapa kegiatan yang melatarbelakangi untuk membina dan mengembangkan seni budaya diantaranya yaitu pentas seni ruang publik, dan festival-festival yang diadakan tingkat kota.

Pembinaan dan pengembangan tersebut tentunya mengacu kepada 10 Objek Pemajuan Kebudayaan dan Cagar Budaya yang didalamnya terdapat unsur kesenian. Unsur kesenian ini yang menjadi titik tolak pemberangkatan adanya program pada Bidang Produk Budaya dan Kesenian, sehingga menjadi prioritas utama.

Pemerintah Kota Bandung Khususnya dalam hal ini adalah Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kota Bandung yang menaungi kegiatan kebudayaan dan Pariwisata mencoba untuk memberdayakan para seniman. Salah satunya  dengan mengadakan program pengembangan kebudayaan adat daerah dengan melaksanakan kegiatan pentas seni di berbagai event seni di Kota Bandung. Harapannya, dapat memberikan semangat dan support terhadap para seniman untuk lebih mengembangkan skillnya.

Besar harapan pemerintah kota yaitu program tersebut dapat berjalan dengan lancar sehingga masyarakat khususnya para seniman dapat merasakan dampaknya. Kegiatan ini pun diharapkan dapat mendongkrak sektor lainnya, seperti sektor ekonomi, sektor pariwisata, dan lain-lain.


Penulis adalah Hendi Rohendi
Pamong Budaya Muda Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung


Seluruh materi dalam naskah ini merupakan tanggung jawab pengirim. Gugatan, somasi, atau keberatan ditujukan kepada pengirim.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR