Kawula Muda, Waktunya Berkarya!!

Citizen Journalism

Selasa, 5 Februari 2019 | 14:08 WIB

190205134148-kawul.jpg

MASA muda dikenal dengan masa-masa yang paling menyenangkan, mendebarkan serta penuh dengan kejutan. Karena di masa ini adalah dimana seseorang mencoba mencari jati diri, eksistensi dan juga segala hal yang dinilai menarik. Nah jikalau kalian ada pada masa ini,maka pergunakanlah dengan sebaik mungkin karena masa mudamu tidak akan datang dua kali.

Di masa muda ini kalian punya semangat yang tinggi, ambisi yang kuat serta jiwa yang kuat. Jadi sangat disayangkan sekali jika kalian menghabiskan waktu hanya untuk hal-hal yang tidak penting.

Namun terkadang banyak pemuda saat ini yang masih belum paham bahwa mereka ini punya peran yang sangat penting baik itu untuk kepentingan negara maupun dirinya sendiri. Kalian harus bisa memilih langkah yang tepat agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari,karena pada masa inilah penetuan nasib kalian di masa mendatang.

Selagi masih muda, kamu harus bisa memanfaatkan waktu dengan berbagai macam kegiatan. Penting untuk benar-benar memanfaatkan waktu dan kesempatan yang kamu punya sekarang. Jadi, apa saja yang sebaiknya kamu lakukan untuk membuat masa mudamu produktif dan berkesan?

1. Cobalah berbagai hal baru

Jangan takut untuk mencoba,karena kamu tidak akan pernah tahu jika belum mencoba. Jikalau gagal pun tidak masalah karena dengan ini pun akan terbentuk karakter baru dalam diri serta akan bertambah pengalaman baru di lembar kehidupanmu. So jangan takut mencoba,karena gagal bukanlah sebuah dosa.

2. Manfaatkan waktu yang ada

"You may delay,time will not" (Benjamin F), "waktu adalah pedang" dan masih banyak ungkapan-ungkapan lain yang mengisyaratkan bahwa waktu itu sangat penting. Waktu tak bisa di ulangi, Jadi jangan sampai waktumu terbuang hanya untuk hal yang sia-sia,lebih baik cari kegiatan yang lebih bermanfaat agar kamu tidak menyesal nanti.

3. Belajarlah dari pengalaman

Pepatah mengatakan, "Pengalaman adalah guru terbaik". Jadi kamu harus bisa memperoleh kemajuan dan keberhasilan dari kesalahan yang telah lalu,dengan itu kamu bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pengalaman juga dapat menuntun kamu untuk belajar berfikir dan bertanggung jawab atas apa yang telah kamu lakukan. Pengalaman juga merupakan proses pendewasaan diri,jadi belajarlah dari pengalaman ya..

4. Maju terus,pantang menyerah!

“Rahasia hidup adalah terjatuh tujuh kali dan bangkit delapan kali,” Paulo Coelho, The Alchemist
Sekalipun kamu terus gagal,jangan pernah ada pikiran untuk menyerah karena bisa jadi tinggal selangkah lagi kamu mencapai keberhasilan. Kuncinya adalah terus bangkit. So keep fighting!

5. Bahagiakan orang sekitarmu

Terutama orang tuamu, karena merekalah yang selalu mensupport dan mencintai dengan sepenuh hati. Dengan membuat orang sekitar bahagia, maka kamu belajar untuk lebih bersyukur, belajar untuk lebih bijak dalam menyikapi situasi yang ada, belajar untuk mengelola emosi dan ego agar bisa membuat dirimu lebih bermanfaat untuk orang lain.

Ingatlah bahwa masa mudamu hanya datang sekali. Gunakan waktu muda untuk mencari banyak pengalaman hingga kamu benar-benar menemukan jalan kesuksesanmu. Jangan ditunda, semakin ditunda untuk mencoba dan usia terus bertambah maka semakin lama pula kamu akan menemukan jalan kesuksesan.


Semoga Bermanfaat.

aisyah mahasiswi stei sebi, jakarta

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR