Mental Illness, Kenali Tanda-tandanya

Citizen Journalism

Jumat, 18 Januari 2019 | 18:25 WIB

190118182928-menta.jpg

herald.co.zw

MASIH banyak sebagian dari kita yang tidak tahu soal mental illnes itu apa. Mental illness adalah kumpulan penyakit gangguan kejiwaan yang mempengaruhi pikiran, perasaaan dan perilaku seseorang. Gangguan kepribadian ini membuat penderita sulit untuk mengetahui perilaku yang dianggap normal dan tidak.

Mental ilness juga banyak menimpa remaja loh! Sebagian besar gangguan kesehatan mental muncul pada masa remaja atau mungkin di awal usia 20-an.

Para peneliti dari Harvard Medical School menemukan bahwa separuh dari kasus gangguan mental dimulai dari usia sangat muda, 14 tahun dan tigaperempatnya terjadi sejak usia 24 tahun.

Karena kemunculannya yang sangat dini itu, maka terapi dan penanganannya harus dilakukan sejak awal pula. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Gejala Gangguan Mental pada Anak dan Remaja".

Direktur Eksekutif National Alliance on Mental Illness (NAMI), Mary Giliberti menyatakan, ada 1 dari 5 remaja mengidap kondisi gangguan mental seperti yang dijelaskan dari name.org. tapi hanya kurang dari setengahnya yang memutuskan mencari bantuan. Padahal Mental Illness adalah gangguan jiwa yang cukup berbahaya dan dapat menyebabkan bunuh diri.

Penyebab terjadinya mental illnes ini muncul oleh banyak faktor, bisa karena stress karena mengalami tekanan yang begitu dalam terhadap mental dan ini salah satu penyebab para remaja stress banyak yang mengkonsumsi obat – obatan terlarang dan sering meminum alcohol atau minuman keras. Depresi atau traumatic akan kehilangan sesuatu atau seseorang. Tekanan batin karena lingkungan sekitar atau orang tua.

Kenali diri kamu dan lingkungan sekitar dengan ciri-ciri perilaku Mental Illness seperti ini

Sering merasa sedih dan tidak punya harapan

Jika Kamu sedang merasa sedih dan tidak memiliki harapan lalu mengucilkan diri selama lebih dari dua minggu, hati hati lah kalau sebenarnya mentalmu sedang terganggu.

Munculnya keinginan mengakhiri hidup

Kalau kamu memiliki keinginan atau niatan untuk Bunuh Diri, bisa jadi kamu mengalami gangguan mental

Tidak bisa mengendalikan diri sendiri
Kamu suka marah dan teriak teriak histeris hanya karena hal kecil dan sering melakukan tindakan yang beresiko

Sering takut akan sesuatu tanpa alasan
Sering muncul rasa takut tidak beralasan bahkan merasakan sesak nafas itu bisa terjadi karena mental mu yang sedang tidak stabil

Perubahan pola makan yang extrem
Berhenti makan dan suka memuntahkan makanan bisa jadi tanda gangguan mental

Mood Swing
Suasana hati yang bisa berubah kapan saja. Bisa sangat bahagia, sedih, mudah tersinggung dan marah marah gak jelas.

Sering memikirkan suatu hal dengan berlebihan
Hal kecil saja bisa membuat kamu memikirkan nya dengan terus menerus

Suka menyakiti diri Sendiri
Menyakiti diri sendiri seperti menjedutkan kepala kepada tembok, juga salah satu gejala Mental Illness.

Pengirim
Tasya Sabilla
Mahasiswi STIKOM London School of Public Relation
tasyasaaz@gmail.com

Seluruh materi dalam naskah ini merupakan tanggung jawab pengirim. Gugatan, somasi, atau keberatan ditujukan kepada pengirim.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR