Mana yang Lebih Penting Skill atau Gelar ?

Citizen Journalism

Jumat, 11 Januari 2019 | 16:28 WIB

190111163007-mana-.jpg

net

APA sih skill itu ? skill adalah kemampuan yang kita miliki dan yang ada dalam diri kita. Skill terbagi menjadi dua, yaitu soft skill dan hard skill. Soft skill yang disebut adalah keterampilan yang muncul tanpa adanya pengajaran atau sekolah tentang mendapatkan soft skill yang baik, tapi dari seiring waktu dan keterbiasaan kita pada situasi. Sedangkan hard skill adalah keterampilan yang terlihat jelas dan langsung bisa di aplikasikan dalam dunia pekerjaan.

Banyak orang yang tidak sadar akan pentingnya skill dalam dunia pekerjaan, banyak orang yang berspekulasi jika memiliki gelar yang tinggi mereka bisa mendapatkan pekerjaan manapun yang mereka mau. Sedangkan tidak semua perusahaan atau lapangan pekerjaan yang mau meneriman calon pekerjanya dengan mepunyai gelar tapi tanpa skill yang baik. Karena skill menentukan kinerja calon pekerjanya nanti.

Pendiri  Virgin Group of Companies, Richard menginjak karir nya dari pengalaman putus sekolah menengah atasnya karena penyakitnya. Yang membuat Richard tidak pernah berhasil dalam dunia pendidikan, tetapi karena skill yang ia punya cinta dalam dunia musik dan menulis dia memulai karirnya bekerja dari majalah student yang mengantarkan Richard membuka perusahaan rekaman di London. Setelah itu Virgin menjadi perusahaan yang besar dan terkenal dan berhasil. Semua itu Richard lakukan hanya dengan modal hard skill yang dia punya dan membuat Richard tidak pernah menyesal karena tidak pernah mempunyai gelar.

Dari cerita diatas kita tau skill itu sangat berpengaruh dan penting bagi kita yang mau mempunyai masa depan yang baik tanpa ada batas kegunaannya.

Berikut 4 soft skill dan 4 hard skill yang penting dan sangat berguna buat kamu nanti, apakah kamu punya salah satunya?

1. Disiplin Waktu

Waktu, kalo kamu bisa mengatur waktu kamu apalagi soal kerjaan dan deadline yang harus kamu kejar. Pasti ga akan deh dimarahin atasan karena kamu selalu disiplin waktu pasti tau kapan harus selesai dan beres.
    
2. Kerjasama yang baik

Saling mendukung rekan kerja juga akan mempermudah pekerjaan kamu, menyelesaikan tugas bersama-sama dan mendengarkan kritik dan saran dari orang lain untuk mencapai target bersama adalah modal penting dalam dunia kerja.

3. Beradaptasi

Masuk ke lingkungan pekerjaan yang baru pasti menegangkan dan butuh penyusaiaan yang sangat tepat. Dengan itu kalo kamu dapat beradaptasi dan mudah bersosialisasi kamu akan mendapatkan relasi yang lebih banyak nantinya.

4. Kreatif

Berfikir diluar kotak atau diluar zona aman membuat kamu lebih berani untuk mengeksplor itulah yang paling di cari oleh siapapun ide yang segar dan original akan sangat di hargai tinggi dan di apresiasi lebih.

Dengan gabungan soft skill dan hard skill akan menjadi bekal kamu sukses nanti dalam dunia pekerjaan.

Berikut 3 hard skill yang paling dicari :

1. Menguasai Bahasa Asing

Bahasa asing adalah senjata yang paling ampuh dalam memulai pekerjaan. Dengan kamu menguasai satu Bahasa asing perusahaan akan lebih tertarik dengan kamu karena kamu dapat menghandle klien yang bisa berasal dari manapun.

2. Mengoprasikan MIcrosoft

Hal ini sudah menjadi makanan perusahaan  besar dan pastinya kalo kamu sudah mempunyai skill ini atau bisa mengoperasikannya pasti kamu akan diterima sangat mudah.

3. Kecepatan dalam menulis, mengetik dan menghafal

Dengan kamu mempunyai skill ini semua pekerjaan mu di mata atasan akan lebih di percaya karena kamu adalah fast learner yang tidak suka membuang-buang waktu.

4. Update dengan keadaan sekitar

Update termasuk skill yang akan membuat kamu dikenal sebagai pemberi info yang dapat membantu perkembangan perusahaan.

Jadi, apakah kamu merasa mempunyai skill-skill diatas ? Jika iya, ayo sekarang mulai percaya diri sendiri dan gunakan skill terbaik kamu untuk masa depan kamu yang lebih cerah!

Penulis :
Thallita Affi
Mahasiswi London School of Public Relation
thallitaaffifah@gmail.com

Seluruh materi dalam naskah ini merupakan tanggung jawab pengirim. Gugatan, somasi, atau keberatan ditujukan kepada pengirim.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR