Ratusan PKL Baranangsiang Hingga Ahmad Yani Direlokasi ke Basement Pasar Kosambi

Bandung Raya

Senin, 11 November 2019 | 17:20 WIB

191111172145-ratus.jpg


PEMKOT Bandung berencana merelokasi ratusan pedagang kaki lima (PKL), yang berada kawasan Baranangsiang hingga Ahmad Yani ke lokasi semi basement Pasar Kosambi. Lokasi tersebut, sebelumnya merupakan area kebakaran yang tengah diperbaiki oleh PD. Pasar Kota Bandung.

Sementara itu, untuk PKL Pasar Kosambi yang terdampak kebakaran tersebut, dipastikan akan menempati semi basement tersebut, untuk kembali beraktivitas ekonomi. Lebih jauh, PKL Pasar Kosambi yang eksisting sebanyak 173 pedagang.

"Di semi basement pasca kebakaran, ada space di luar PKL Pasar Kosambi yang eksisting, maka rencananya PKL akan dimasukkan kesana. Mulai dari Baranangsiang, Ahmad Yani sampai ke rel kereta api," ungkap Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Senin (11/11/2019).

Menurutnya, rencana relokasi PKL tersebut akan direalisasikan pada November ini. Dengan demikian, para PKL yang berativitas diluar diharapkan tidak ada lagi.

Dikatakannya, terkait rencana tersebut pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak kewilayahan.

"Sekitar 200 -an PKL yang direlokasi dan sudah terakomodir. Responnya positif," katanya.

Dalam mendukung aktivitas ekonomi para PKL, pihaknya telah menambahkan kemudahan akses, dengan membuat tangga tambahan. Sehingga para pengunjung atau pembeli, dapat lebih mudah untuk ke semi basement tersebut.

"Jadi nanti PKL tinggal menata, sekitar 2 hari kemudian bisa langsung beraktivitas," ujarnya.

Disinggung terkait proteksi kebakaran, lanjutnya, pihaknya membuka semua akses yang sebelumnya tertutup. Selain itu, menambah alat pemadam kebakaran, yang bisa digunakan ketika genting.

"Instalasi listriknya juga sudah diperbaharui, dengan harapan lebih aman dan nyaman. Baik kepada pedagang maupun pengunjung," ucapnya.

Yana optimistis dengan lokasi semi basement tersebut, dapat kembali meningkatkan aktivitas ekonomi para pedagang pasca kebakaran Pasar Kosambi.

"Tentu optimistis, maka saya minta untuk dibuat informasinya dan diposting ke semua media, juga spanduk. Sehingga masyarakat tahu bahwa pedagangnya sudah mulai berdagang," tambahnya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA