Walkot Bandung : Lewat Inovasi, Anak Bangsa Bisa Jadi Pahlawan Masa Kini

Bandung Raya

Minggu, 10 November 2019 | 16:49 WIB

191110164044-walko.jpg

Rio Ryzki Batee


WALI Kota Bandung, Oded M. Danial menilai peringatan Hari Pahlawan sebagai momen kebangkitan anak-anak bangsa berinovasi. Lewat inovasi, anak-anak bangsa dapat menjadi pahlawan masa kini.

"Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapa pun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata," ungkapnya usai upacara peringatan Hari Pahlawan di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Ahad (10/11/2019).

Menurutnya, pada zaman dahulu semangat pahlawan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga. Tetapi saat ini bisa ditunjukan dengan berbagai kegiatan sosial.

Saat ini setiap warga negara harus saling membantu satu sama lain. Mulai dari membantu yang terkena musibah, melek teknologi dan tidak menyebarkan berita hoaks.

"Masa sekarang ini kita torehkan prestasi berbagai bidang kehidupan yang menjadi semangat bangsa untuk maju," katanya.

Dikatakannya hari pahlawan bukan hanya seremonial saja. Tetapi harus diisi dengan berbagai kegiatan, yang dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kepedulian. "Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, mampu membantu kemajuan bangsa," ujarnya.

Oleh karenanya, Oded mengajak masyarakat agar memupuk nilai kepahlawanan dengan saling menolong dan saling menghargai. Di samping itu, sebagai kaum muda harus berinovasi menciptakan perkembangan yang signifikan.

"Prestasi harus diraih dan membantu kepada yang membutuhkan. Wujud nyata kali ini bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju," kata Oded.

Anggota DPRD Kota Bandung, Folmer SM. Silalahi menuturkan, Hari Pahlawan menjadi momentum anak bangsa untuk bersyukur atas pengorbanan dan jasa para pejuang yang telah gugur. Pengorbanan tersebut untuk menjaga persatuan, menjunjung toleransi, berprestasi di berbagai bidang, dan membangun karakter bangsa.

"Momen ini juga sekaligus menjadi komitmen bersama untuk terus menjaga api atau semangat bela negara sampai terwujudnya cita-cita para pendiri bangsa Indonesia. yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," tegasnya.

Pada momen Hari Pahlawan ini, Ia berharap generasi muda untuk tetap meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah menumpahkan darahnya demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Hal tersebut, bisa dimulai dari keluarga dan lingkungan masing-masing.

"Karena apa yang mereka lakukan belumlah selesai selama masih ada kemiskinan, ketidakadilan, sulitnya lapangan kerja, mahalnya biaya pendidikan dan kesehatan, serta rusaknya lingkungan alam kita," tambahnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA