Turunkan Bobot Risiko Kredit, Jamkrindo-BPR Universal Jabar Jalin Kerja Sama

Bandung Raya

Jumat, 8 November 2019 | 14:00 WIB

191108140239-turun.jpg

Irwina Istiqomah

Penandatanganan kerja sama Jamkrindo dan BPR Universal Jabar di Le Marty 10 Bandung, Jumat (8/11/2019).


DALAM rangka menciptakan sistem perbankan yang sehat dan mampu berkembang serta bersaing secara nasional, Kantor Wilayah IV Bandung Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) melakukan kerja sama strategis dengan PT Bank Perkreditan Rakyat Universal Jawa Barat (BPR Universal Jabar). Sinergi tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja sama (PKS) Penjaminan Kredit UMKM Dalam Rangka Optimalisasi Aset.

Pemimpin Wilayah IV Bandung Perum Jamkrindo, Dody Novarianto mengatakan, kerja sama tersebut merupakan langkah bagi kedua perusahaan untuk memperluas hubungan secara berkesinambungan. Dengan kerja sama ini, Perum Jamkrindo membantu perbankan dalam mitigasi risiko kredit bank dan menurunkan bobot risiko kredit.

"Kami tentunya sangat antusias dengan adanya kerja sama dengan BPR Universal ini karena sebagai peningkatan hubungan yang lebih erat," ujarnya di Le Marty 10 Bandung, Jumat (8/11/2019).

Dody melanjutkan, kerja sama juga diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan volume penjaminan Kantor Wilayah IV sebesar Rp 20 miliar. Sampai dengan kuartal III 2019 Kanwil IV Perum Jamkrindo telah mencatatkan volume penjaminan sebesar Rp 8,745 triliun.

"Angka tersebut banyak dikontribusi oleh penjaminan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Mikro dan Kredit Usaha Rakyat (KUR)," jelasnya.

Dalam kiprahnya membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk tumbuh, perusahaan berpelat merah inu terus memperbesar kapasitasnya dalam memberikan layanan penjaminan terbaik.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas finansial UMKM melalui penyediaan penjaminan yang inovatif, kompetitif dengan pelayanan profesional, efektif, dan efisien secara berkelanjutan," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama BPR Universal, Rohalman Erycson mengapresiasi kerja sama dengan Perum Jamkrindo. Ia menyebut, dengan adanya penjaminan kredit, maka Aktiva Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) bisa semakin baik.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA