Aa Umbara Kagumi Kecanggihan Fasilitas Pengujian Kendaraan Bermotor Milik Dishub

Bandung Raya

Rabu, 6 November 2019 | 18:20 WIB

191106182349-aa-um.jpg

Dicky Mawardi


BUPATI Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menyatakan kekagumannya dengan fasilitas yang ada di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat. Selain memiliki alat pengujian yang canggih, juga memiliki fasilitas terbaik.

"Jujur saya kagum dan terkesan dengan fasilitas pengujian yang ada di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor ini. Mungkin ini menjadi yang terbaik di Jawa Barat, sebuah terobosan yang luar biasa," kata Umbara seusai meninjau ke UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor di Cikamuning, Rabu (6/11/2019).

Menurutnya, dengan teknologi pengujian kendaraan yang canggih ini bisa dimanfaatkan pemilik kendaraan dari luar Bandung Barat. Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat ini menyaksikan proses pengujian kendaraan dinas.

"Hasilnya akurat dan bisa menarik pemilik kendaraan dari daerah luar untuk melakukan pengujian," tandasnya.

Umbara menilai semakin banyak kendaraan dari luar melakukan pengujian di Kabupaten Bandung Barat bisa mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Diharapkan, PAD dari pengujian bisa mencapai Rp 5 miliar pada tahun 2021.

"Untuk menaikkan PAD, perlu dilakukan penambahan satu lagi line atau jalur pengujian. Karena yang ada sekarang baru satu. Mudah-mudahan anggaran pembuatan line bisa masuk dalam APBD 2020. Nilainya sekitar Rp 4,5 miliar," ungkapnya.

Kepala Dishub Kabupaten Bandung Barat Ade Komarudin  berharap peralatan pengujian yang sudah serba komputerisasi ini secepatnya diresmikan. Paling lambat peresmiannya dilaksanakan akhir tahun ini.

"Enggak harus menunggu jadainya satu line tambahan. Kalau memang sudah siap, paling lambat harus diresmikan akhir tahun ini,:" kata Ade.

Dia mengungkapkan alat uji kendaraan yang baru dimiliki berupa alat uji pengukuran kecepatan, alat uji rem dan timbangan, alat uji kincup roda depan,alat uji lampu utama sampai alat uji emisi gas buang

"Untuk pemeriksaan bawah kendaraan kita lengkapi monitor yang terpasang di atas. Jadi ketika ada bagian bawah mesin kendaraan yang bermasalah, pemiliknya tak.harus turun ke bawah. Cukup dengan melihat dari layar monitor," paparnya.

Kelebihan lain dari UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Bandung Barat dari lantainya dengan menggunakan cat epoxy. Dipandang lebih kuat dan tidak berbekas sekalipun dilindas truk atau bus besar.

Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Eman Sulaeman menambahkan, ke depan pembayaran pengujian kendaraan bermotor tidak lagi tunai tapi menggunakan e-money.

Saat ini sedang proses membangun sistem dengan Direktorat Perhubungan Darat. Selanjutnya menjalin kerja sama dengan salah satu bank.

"Bahkan kita juga tidak akan mengganti buku uji kir dengan kartu. Ini untuk mencegah pemalsuan," kata Eman.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA