Pemkot Bandung Kaji Pembentukan BPBD

Bandung Raya

Selasa, 5 November 2019 | 18:25 WIB

191105175611-pemko.jpg

SELAMA ini penanganan bencana di Kota Bandung dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) kota Bandung. Hal ini dilakukan seiring belum adanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kota Badung.

Lama menanti, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai memikirkan pembentukan BPBD kota Bandung. Bahkan, Wali Kota Bandung Oded M. Danial telah menginstruksikan Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah (Orpad) Setda Kota Bandung untuk mengkaji pembentukan BPBD.

“Saya sudah minta kepada Kabag Orpad agar mengkajinya. Karena memang selama ini Kota Bandung belum punya. Apakah masih bisa tercover hanya bidang saja atau dibuat badan baru,” kata wali kota di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin (4/11/2019).

Ia menyatakan, apabila dari hasil kajian ternyata merekomendasikan untuk membuat badan khusus, maka Pemkot Bandung harus membuat Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru. “Saya akan memproses setelah ada hasil kajiannya,” tegasnya.

Lebih lanjut, wali kota menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tidak masalah apabila harus membuat badan khusus. Karena dari segi sumber daya manusia (SDM) sudah mumpuni. Namun hal itu harus berdasarkan kajian secara komprehensif dan mengikuti aturan.

“SDM banyak, nggak ada masalah. Hanya menaikan dari bidang ke badan. Tapi apa pun, tergantung hasil kajian saja,” katanya.

Editor: Kiki Kurnia



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA