Siwani Bisa Melakukan Perubahan dan Evaluasi Kegiatan Dewan Cimahi

Bandung Raya

Selasa, 22 Oktober 2019 | 13:13 WIB

191022131801-siwan.jpg

Laksmi Sri Sundari

SEKRETARIAT Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi saat ini tengah menyiapkan proyek perubahan strategis dalam percepatan fasilitas kegiatan DPRD Kota Cimahi, melalui Sistem Informasi Dewan Kota Cimahi yang disingkat Siwani.

"Sistem ini adalah sebuah inovasi terobosan, ketika semua kegiatan di sekretariat ini kita evaluasi mana kegiatan yang masih lemah atau banyak hambatan, disitu kita masuk, maka muncullah Siwani ini," ungkap Sekretaris DPRD Kota Cimahi, Tedi Setiadi SIP, Msi saat ditemui usai launching dan sosialisasi Siwani di Pendopo DPRD Kota Cimahi Jln Djulaeha Karmita, Selasa (22/10/2019).

"Program ini sekaligus menjadi program yang merupakan tugas dalam rangka Pendidikan Kepemimpinan Nasional Tingkat II harus membuat proyek perubahan," sambungnya

Dijelaskan Tedi, Siwani sendiri dibuat oleh pakar-pakar IT yang mengerti tentang teknologi. "Saya sendiri turun langsung membuat sebuah tim efektif yang menyusun mau kemana proyek perubahan ini di bawa," katanya.

Ternyata, lanjut Tedi, di sistem ini beberapa manfaat yang bisa dimunculkan itu adalah sebuah efisiensi waktu, efisiensi biaya, yang bisa tergambar, karena dalam jangka waktu pendek pihaknya akan melakukan ujicoba masalah reses.

"Reses dewan itu 'kan berdasarkan pengalaman, hambatannya biasanya pengajuan proposal, kemudian di akhir pelaksanaan reses itu sering kali lama. Laporan-laporan hasil reses itu membutuhkan waktu cukup lama," ungkapnya.

Ia pun berharap dengan Siwani ini, semua pokok-pokok pikiran dalam reses itu bisa sesegera mungkin di input. "Dan sistem ini nge-link dengan SKPD lain melalui Bapeda, jadi masuk  Simrenda (Sistem Informasi Managemen Perencanaan Daerah). Sehingga semua SKPD terintegrasi, bisa melihat apa sih pokok-pokok pikiran dewan sebagai aspirasi masyarakat," terangnya

Kedepannya, sambung Tedi, sistem ini juga akan dicoba untuk masuk ke aplikasi-aplikasi lain yang berkaitan dengan semua kegiatan di DPRD, seperti perjalanan dinas, masalah rapat, dan kegaitan-kegiatan lainnya, yang intinya membantu sekretariat dalam menjalankan tupoksi sebagai fasilitator dewan.

"Dan untuk dewan sendiri pasti akan merasa terbantu dengan semakin sempurnanya fasilitasi yang kita berikan kepada anggota DPRD," sebutnya.

Menurut Tedi, tujuan dengan disiapkannya Siwani ini adalah untuk kemaslahatan umat atau masyarakat. "Ketika kinerja DPRD meningkat, pasti akan berpengaruh pada tingkat kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Editor: Kiki Kurnia



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA