Ini Pandangan Ridwan Kamil Terhadap KNPI

Bandung Raya

Senin, 21 Oktober 2019 | 18:29 WIB

191021182756-ini-p.jpg

Dicky Mawardi


GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil memandang KNPI tidak hanya sebagai agen perubahan tapi juga agen perdamaian dan persatuan. Terlebih saat ini salah satu isu sentral di tingkat pusat  adalah mempertahankan ke-Bhineka Tunggal Ika-an.

"Alhamdulillah KNPI Jawa Barat tetap solid  tidak samoai ada perpecahan do dalam tubuh pengurusnya. Oleh karena itu, melalui KNPI saya titipkan banyak mimpi tidak lagi hanya sekedar hadi agen perubahan tapi juga agen perdamaian dan persatuan," kata Ridwan Kamil seusai membuka Rakerda DPD KNPI Jawa Barat di Hotel Mason Pine Kota Baru Parahyangan,  Kabupaten Bandung Barat, Senin (21/10/2019).

Ia mengungkapkan, dalam pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 di Jawa Barat, tercatat ada 70 pengurus KNPI yang bertarung. Selama pemuda kreatif dan inovatif pasti akan mendapat apresiasi dari masyarakat.

"Ada sekitar 6;000 ruang kepemimpinan di daerah yang bisa diambil pemuda," ucap Ridwan Kamil yang akrab dipanggil Kang Emil ini.

Bukan hanya di politik, Kang Emil juga menyontohkan di Kabupaten Bandung Barat yang memiliki banyak peluang ekonomi terutama di sektor pariwisata. Keterlibatan pemuda sangat diharapkan untuk memajukan pariwisata di daerah.

"Konsultasi dengan bupati, apa saja sih yang bisa disumbangkan pemuda dalam mengembangkan sektor pariwisata,"  kata Emil yang pada saat wawancara  didampingi Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna.

Pada Rakerda KNPI ini, selain dihadiri gubernur dan bupati. Hadir pula anggota DPRI Rian Firmansyah, dan 14 anggota DPRD Jawa Barat yang seluruhnya kader KNPI.

Ketua Panitia Penyelenggara Rakerda DPD KNPI Jawa Barat,  Lili Supriatna mengatakan pada Rakerda kedua di bawah.kepemipinan Ketua DPD KNPI Jawa Barat Rio F. Wilantara mengusung tema "Revitalisasi Peran dan Kiprah Pemuda/KNPI Menuju Jawa Barat Juara Lahir Batin"

"Rakerda diikuti 128 pimpinan organisasi kepemudaan dan 27 pimpinan KNPI se-jawa Barat. Kami ingin merajut kembali perbedaan pilihan politik pasca pemilihan presiden lalu. Kami.buktikan Jabar sangat kondusif,  semua bergandengan tangan tanpa ada riak-riak perpecahan," kata Lili

Ia mengungkapkan pada Rakerda kali ini, dilaksanakan deklarasi damai untuk nusantara  yang digagas oleh tokoh-tokoh pemuda Jawa Barat. Deklarasi damai dipimpin langsung Ketua DPD KNPI Jawa Barat Rio F. Wilantara.

Anggota DPR RI, Rian Firmansyah mengapresiasi Rakerda DPD KNPI Jawa Barat yang mengambil tempat di Kabupaten Bandung Barat ini. Ini sangat  prestis untuk Kabupaten Bandung Barat dan Jawa Barat.
 
"Rakerda pasar pemilu ini harus dijadikan momentum awal kebangkitan  rekonsiliasi kebangsaan. Ini momen yang tepat terutama dalam menggali potensi yang ada dalam diri pemuda untuk bangsa dan negara ," kata Rian.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA