IWAMAS Bangun Kemitraan dengan Polban untuk Layani Masyarakat

Bandung Raya

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 19:49 WIB

191019195224-iwama.jpg

IKATAN Warga Marga Asih Sentosa (IWAMAS) bangun kemitraan dengan Politeknik Bandung (Polban) dalam pengelolaan kebutuhan air rumah tangga, pengelolaan fasilitas umum, pelayanan sosial dan usaha-usaha lainnya, yang dilakukan di 10 RW Kompleks Perumahan Marga  Asih, Kab. Bandung, Sabtu (19/10/2019).

"Kegiatan ini, dalam rangka peningkatan pengelolaan dan pelayanan IWAMAS khususnya yang berkaitan dengan pelayanan kebutuhan air rumah tangga Warga Perumahan Marga Asih Permai, kami melakukan kerjasama kemitraan dengan pihak Polban," ungkap Ketua IWAMAS, Dede Iman.

Kemitraan ini selaras dengan program Pengabdian Kemitraan Wilayah (PKW) Polban, bentuk konkrit dari kemitraan ini adalah pemasangan watermeter yang berfungsi sebagai alat ukur debit air yang didistribusikan dari sumur ke jaringan distribusi.

“Selama ini, kami mengukur debit itu dengan cara manual sehingga hasilnya kurang akurat, nah dengan dipasangnya watermeter ini kami bisa mengetahui dengan pasti berapa debit yang dihasilkan dan disalurkan ke jaringan distribusi setiap bulannya, selain itu data yang dihasilkan alat ini juga dapat digunakan untuk evaluasi kinerja pompa dan pemakaian listrik, " jelasnya.

Untuk tahap pertama ini, baru dipasang di 1 sumur. Sedangkan masih ada 7 sumur lagi yang belum dipasang alat ini. Semua material disediakan oleh pihak tim dari Polban yang dipimpin oleh Muhammad Arman, sedangkan dari pihak IWAMAS hanya menyiapkan kontruksi sipilnya dan tenaga pelaksana pemasangannya.

“Kami berharap program ini bisa terus berlanjut, sehingga seluruh sumur yang kita miliki bisa terpasang alat ini, dan tentunya kita bisa mengetahui dan mengontrol distribusi air yang disalurkan ke jaringan," ungkap Dede, yang juga pengurus KONI Jabar ini.

Dalam menjalankan kegiatannya, IWAMAS tidak terlalu berorientasi pada bisnis atau keuntungan, tetapi lebih ke kegiatan dan pelayanan sosial. Semua masjid dan mushola yang berada di lingkungan Kompleks Perumahan Marga Asih Permai diberikan pelayanan air secara gratis.

“Misi saya selaku Ketua IWAMAS, bahwa IWAMAS harus berkembang secara bisnis tapi juga tidak melupakan tujuan awal dari para Pendiri IWAMAS ini yaitu memenuhi kebutuhan air rumah tangga yang murah dan memberikan kemaslahatan serta meningkatkan kesejahteraan warga Marga Asih Permai. Organisasi / Lembaga Swadaya Masyarakat yang dibentuk oleh Warga Kompleks Perumahan Marga Asih Permai, Kab Bandung, " pungkasnya.

Editor: Kiki Kurnia



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA