Aleg PKS Jabar Tetap Kritisi Eksekutif Soal Pembangunan di Jabar

Bandung Raya

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 16:10 WIB

191019161421-aleg-.jpg

Anthika Asmara

ANGGOTA legislatif PKS Jawa Barat siap bakal kritis kepada eksekutif terkait pembangunan Jawa Barat, PKS tidak mau ada program di Jawa Barat yang mubazir tidak berpihak pada rakyat. 

Hal tersebut dikatakan Ketua DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu dalam konferensi pers rapat kerja wilayah (Rakerwil) PKS Jawa Barat di Hotel Grand Pasundan, kota Bandung Sabtu (19/10/2019).

Dikatakan Syaikhu, jika program yang dicanangkan oleh Gubernur itu baik maka pihaknya siap mendukung akan tetapi jika program itu tidak baik dan tidak berpihak kepada masyarakat, maka anggota legislatif fraksi PKS akan mengkritik agar pembangunan Jawa Barat lebih baik. 

"Tentu aleg kami akan kritisasi apa saja yang dianggap tidak baik di eksekutif, terlebih lagi jika partai pendukunnya juga sudah melakukan kritikan-kritikan apalagi kami dk PKS," katanya. 

Dikatakannya puka, pihaknya juga dalam kritikan nanti bakal mengawasi berbagai masalah yan besar yang menyangkut pada kesejahteraan masyarakat. Artinya kata dia, kritikan yang akan dilontarkan merupakan kritikan yang substansial.

"Jadi bukan yang ecek-ecek yang akan kami kritisi, kita bakal lebih kepada yang sifatnya substansial," ucanya. 

Kemudian pembahasan Rakerwil PKS terkait target dan kinerja anggota DPRD Provinsi Jawa Barat hingga satu tahun kedepan adalah, anggota legislatif fraksi PKS di Jawa Barat harus tetap berasa bersama masyarakat, Syaikhu menuntut, agar anggota legislatif fraksi PKS menyerap asripasi dari masyakarat.

"Kami juga membuat program Desa binaan, yang mana aleg dari PKS membina masyarakat desa di daerah pemilihannya masing-masing. Bila perlu dalam program ini aleg PKS bermukim di rumah warga desa untuk beberapa waktu agar tahu masalah sesuai dengan fakta dilapangan," katanya. 

Target lain dari PKS adalah menjadi pemenang pemilu di 2024 dengan target dua kali lipat dari kursi legislatif periode sekarang yang berjumlah 21 kursi.

"Kami sudah punya modal di periode sekarang, kami harap periode nanti bisa lebih banyak lagi menjadi pemenang pemilu, karena kami sudah pernah juga menang di tingkat eksekutif selama dua periode di bahwa Ahmad Heryawan," tutur Syaikhu. 

Sementara itu wakil ketua DPW PKS Haru Suandaru menambahkan, berkaitan dengan komunikasi antara legislatif dan eksekutif belum ada perkembangan yang signifikan, padahal sekarang kepemimpinan Ridwan Kamil sudah berjalan lebih satu tahun.

"Sudah satu tahun berjalan sebaiknya harus lebih bisa cair lagi komunikasinya dengan legislatif," kata Haru dalam kesempatan yang sama. 

Rakerwil DPW PKS Jawa Barat ini juga membahas terkait pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak kabupaten/kota sebanyak delapan daerah. Terkait pilkada serentak PKS menargetkan 50% kemenangan. 

"Ada empat daerah yang kami calonkan kader PKS dari empat daerah ini kami memliki kader PKS yang memilki peluang besar didaerahnya masing-masing," ucapnya. 

Selain itu dalam kesempatan Rakerwil DPW PKS ini, PKS mengumungkan bantuan yang akan dikirim pada korban kebakaran hutan di Kalimatan sebesar Rp 400.000.000 lewat program Gerakan Nasional Tanggap Bencana (Genta).

Editor: Kiki Kurnia



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA