150 Tiang Pancang Bakal Topang Gedung DPRD KBB

Bandung Raya

Jumat, 18 Oktober 2019 | 10:41 WIB

191018104217-150-t.jpg

Dicky Mawardi

SEBANYAK 150 tiang pancang akan dipasang pada struktur Gedung DPRD Kabupaten Bandung Barat yang sekarang dalam proses pembangunan. Tiang pancang ini menjadi penopang untuk bangunan yang memakai konsep trap ini.

"Banyaknya tiang pancang yang terpasang agar membuat   gedung DPRD  dapat berdiri dengan kokoh, serta dapat mengurangi tekanan atau beban dari suatu konstruksi dan seluruh isinya," kata Kabid Tata Bangunan, Gedung Permukiman dan Jasa Kontruksi pada Dinas PUPR Kabupaten Bandung Barat Yoga Rukma Gandara di Ngamprah, Jumat (18/10).

Ia mengungkapkan,  pengerjaan fisik sudah dilakukan sejak dari tiga minggu ke belakang. Di tahap awal ini prosesnya adalah pematangan lahan dan pemasangan sekitar 150 tiang pancang

"Tiang pancang merupakan bagian dari struktur bangunan biasanya ditempatkan di bawah tanah dan digunakan sebagai pondasi," jelasnya.

Gedung DPRD Kabupaten Bandung Barat berlokasi di Kecamatan Ngamprah.  Arsitektur bangunannya berbentuk Gunung Tangkubanparahu yang di atasnya terdapat bangunan menyerupai observatorium Boscha.

Gedung DPRD Kabupaten Bandung Barat ini memiliki panjang 100 meter dan lebar 17 meter. Anggaran yang dibutuhkan untuk membiayai gedung wakil rakyat ini mencapai Rp142 miliar.

Editor: Brilliant Awal



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA