12 OPD di Pemkot Solo Berpredikat WTP

Bandung Raya

Kamis, 17 Oktober 2019 | 20:27 WIB

191017202256-12-op.jpg

Tok Suwarto

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo ketika menyerahkan penghargaan kepada OPD yang berpredikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan dan barang milik daerah.

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Solo secara khusus memberikan penghargaan kepada 12 organisasi perangkat daerah (OPD) yang berdasarkan penilaian laporan keuangan periode 2018 mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). Selain mendapat penghargaan dari Wali Kota Solo berdasarkan penilaian terhadap penyusunan dan penyajian laporan keuangan 2018 serta pengelolaan barang milik daerah 2018, OPD tersebut juga mendapatkan uang pembinaan.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pemkot Solo, Yosca Herman Soedrajad,  menjelaskan, sebelum pemberian penghargaan kepada OPD yang memenuhi syarat penilaian WTP, pihaknya melakukan penilaian terhadap 153 objek entitas pelaporan. Seluruh entitas tersebut terbagi dalam dua kategori, yakni entitas pelaporan kategori besar untuk dinas, badan dan sekretariat DPRD, serta entitas pelaporan kategori kecil untuk kecamatan, bagian, SMP, kelurahan, unit pelaksana teknis, Puskesmas dan badan layanan umum daerah.

“Selain obyek entitas tersebut,  entitas yang tidak termasuk dalam penilaian adalah inspektorat selaku pemeriksa internal Pemkot Solo  dan BPPKAD selaku pembina penyusun laporan keuangan,” katanya dalam penyerahan penghargaan di Bale Tawangarum Balai kota, Kamis (17/10/2019).

Menurut Herman Soedrajad, berdasarkan hasil penilaian terhadap penyusunan dan penyajian laporan keuangan entitas kategori besar pemenangnya adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Entitas tersebut masing-masing mendapat penghargaan dan uang tunai sebesar Rp 5 juta, Rp 3 juta, dan Rp 2 juta. Sedangkan pemenang entitas pelaporan kategori kecil, yaitu Bagian Perekonomian, UPT Transportasi, dan UPT Puskesmas Gilingan.

Selain pemberian penghargaan kepada OPD yang dalam penyusunan dan pelaporan keuangan berpredikat WTP, Pemkot Solo juga memberikan penghargaan terhadap OPD dalam pengelolaan barang milik daerah. Penghargaan untuk entitas kategori besar adalah Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah. Sedangkan untuk entitas kecil dimenangkan UPT Puskesmas Pajang, UPT Metrologi, dan SMPN 16 Surakarta

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, minta sistem penilaian tersebut dilaksanakan setiap tahun agar seluruh OPD memiliki motivasi berkompetisi dalam pengelolaan keuangan dan aset barang milik daerah. Seluruh OPD tanpa kecuali, termasuk OPD yang telah mendapatkan penghargaan tetap ikut dinilai kinerjanya dalam pengelolaan keuangan dan barang.


Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA