Ini Tujuan SEAMEO CECCEP Gelar Konferensi Internasional PAUD dan Pengasuhan

Bandung Raya

Kamis, 17 Oktober 2019 | 20:17 WIB

191017201756-ini-t.jpg

Southeast  Asia Ministers of Education (SEAMEO) Center of Early Childhood Care and Parenting (CECCEP) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyadari berbagai tantangan dalam pencapaian tujuan Sustainaible Development Goals (SDGs) Nomor 4 butir 2 yang ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  tentang perkembangan, pengasuhan, dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang Berkualitas.

Tantangan ini tidak hanya dihadapi oleh Indonesia, tetapi juga negara-negara di seluruh dunia, khususnya kawasan Asia Tenggara. Merespons tantangan tersebut, SEAMEO CECCEP menggelar konferensi internasional pendidikan dan pengasuhan anak usia dini (PAUD) atau International Conference on Early Childhood Care Education and Parenting (ICECCEP) di Bandung pada 17-18 Oktober 2019 di Bandung, Jawa Barat.

Direktur SEAMEO CECCEP, Dwi Priyono menjelaskan, salah satu tujuan konferensi Internasional PAUD dan pengasuhan adalah mempromosikan pemahaman regional, komitmen, kolaborasi dan kerja sama di Asia Tenggara, khususnya dalam rangka mencapai SDG  Nomor 4 butir 2, yaitu memastikan bahwa pada tahun 2030 seluruh anak memperoleh akses terhadap pengembangan dan perawatan anak usia dini dan pendidikan pra-dasar yang berkualitas sehingga siap untuk mengikuti pendidikan dasar.

Selain itu, lanjut Dwi, konferensi Internasional ini juga dimaksudkan untuk memperluas jaringan lembaga-lembaga publik dan swasta di Asia Tenggara di bidang PAUD dan pendidikan keluarga serta memperkuat kerjasama antara SEAMEO CECCEP dengan para pemangku kepentingan (stakeholders)  dan mitranya.

Konferensi yang berlangsung selama dua hari ini menargetkan 200 akademisi dari Malaysia, Kamboja, Filipina, Korea, Brunei Darussalam, Vietnam dan Indonesia yang akan menyebarluaskan penelitian mereka dalam sesi paralel. Selain itu, 50 peserta lainnya berasal dari 11 Negara Anggota SEAMEO, lembaga pemerintah, organisasi non-pemerintah dan sektor publik  serta  lembaga swasta.

Penyelenggaraan  1st International Conference on Early Childhood Care Education and Parenting (ICECCEP) ini didukung oleh World Bank dan Tanoto Foundation. Di salah satu sesi konferensi, perwakilan dari Tanoto Foundation, dr. Sri Kusuma Hartani akan menyampaikan materi “Family as the Core of Children's Well-being Actualization”.  Dukungan Tanoto Foundation erat kaitannya dengan peran sebagai organisasi filantropi yang fokus di bidang pendidikan,  salah satunya mendukung penerapan standar nasional PAUD.

Sejak 2017, Tanoto Foundation telah melaksanakan berbagai program untuk menghasilkan dampak positif bagi PAUD, diantaranya berupa peningkatan kompetensi guru, penyediaan sarana belajar yang memenuhi standar nasional, dan peningkatan kreativitas anak. Program tersebut diharapkan bisa mempercepat pencapaian PAUD berstandar nasional.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA