Peserta SDC Ditantang Penuhi Kebutuhan Edamame 8 Ton/Pekan

Bandung Raya

Rabu, 16 Oktober 2019 | 21:33 WIB

191016213545-peser.jpg

Dicky Mawardi


PESERTA program Skill Development Center (SDC) ditantang untuk memenuhi kebutuhan kacang edamame sejenis kacang kedelai dari Jepang.  Tak tanggung-tanggung permintaannya mencapai 8 ton per pekan.
"Ini peluang bagus bagi peserta pelatihan yang bergerak pada bidang pertanian. Mereka akan didik sampai produknya diterima pasar," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)  Kabupaten Bandung Barat Iing Solihin di sela kegiatan Safari Program Pengurangan/ Penanggulan Pengangguran Melalui Program Wirausaha Baru di Desa Cimanggu, Kecamatan Ngamprah,  Rabu (16/10/2019).
Diungkapkannya, di Desa Cimanggu terdapat 20 orang yang mengikuti program wirausaha baru bidang pertanian.  Secara keseluruhan peserta wirausaha baru se-Kabupaten Bandung Barat mencapai 1.088 orang yang terbagi ke dalam 60 paket.
"Kegiatan di Cimanggu dan 11 desa lainnya merupakan program  tahap 2.  Pada tahap 1 sudah selesai dilaksanakan di 14 desa," katanya.
Program SDC dalam.bentuk pencetakan wirausahawan baru tidak hanya di bidang pertanian rapi juga budidaya ikan nila, gurame dan mas.
"Peserta akan menjalani pelatihan selama dua minggu.  Diharapkan dengan waktu yang terbatas ini bisa dengan cepat menyerap ilmunya. Sehingga dapat diterapkan sebagai bekal hidup sehari-hari,"  paparnya. 
Sebelumnya, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna meyakini pelatihan wirausaha mampu mendongkrak produktifitas masyarakat sehingga akan mampu menekan angka pengangguran. Namun dibutuhkan komitmen banyak pihak untuk menindaklanjuti hasil pelatihan agar masyarakat benar-benar bisa merasakan manfaatnya. 
"Lahirnya wirausaha baru bisa mengatasi angka pengangguran di Kabupaten Bandung Barat yang relatif masih tinggi. Harapannya, setelah lahir wirausaha baru bisa merekrut atau mempekerjakan orang lain yang memang membutuhkan pekerjaan," kata Umbara.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA