Pemkot Bandung Akan Bantu Pulihkan Korban Wamena

Bandung Raya

Jumat, 11 Oktober 2019 | 17:53 WIB

191011175224-pemko.jpg

Rio Ryzki Batee

PEMKOT Bandung akan membantu memulihkan kondisi dua warga yang menjadi korban kerusuhan di Wamena Papua, beberapa waktu lalu. Bantuan tersebut, termasuk untuk  memfasilitasi agar bisa kembali memiliki mata pencaharian yang baru.

"Insyaallah, untuk memfasilitasi mereka saya tugaskan Pak Tono sebagai Kadinsosnangkis. Saya rasa mereka punya keahlian dan tidak akan susah untuk bekerja kembali di sini," ungkap Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat mengunjungi korban kerusuhan di Kawasan Jalan Cipedes Tengah, Kota Bandung, Jumat (11/10/2019).

Menurutnya, Pemkot Bandung juga akan membantu pemulihan psikis Santana dan Yudha Saputra (dua warga yang dipulang dari Wamena). Karena secara kejiwaan keduanya tentu cukup terganggu dan perlu menenangkan diri, apalagi keduanya menjadi korban kerusuhan dan harus menyelamatkan diri.

"Mereka termasuk korban saat Wamena terjadi kerusuhan dan melihat seperti lautan api. Alhamdulillah mereka bisa selamat, berkat kerja sama yang baik dari pemerintah provinsi dan unsur lainnya. Sekarang mereka bisa menenangkan diri dengan berkumpul bersama keluarga," tuturnya.

Dalam kunjungan tersebut, Mang Oded mendengar cerita dari Santana yang menyaksikan sendiri kerusuhan yang terjadi di Wamena. Santana dan anaknya Yudha telah bekerja tiga tahun di Wamena sebagai juru masak.

Pada kesempatan yang sama, Santana mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Wali Kota Bandung, yang memperhatikan warganya hingga datang berkunjung ke rumahnya.

"Beliau (Oded) turut prihatin atas apa yang terjadi dengan saya dan anak, karena tertimpa musibah saat kerusuhan di Wamena tersebut," katanya.

Ia juga mengapresiasi terhadap respon Pemerintah Jawa Barat yang cepat, sehingga bisa memfasilitasi warganya agar bisa pulang ke rumah dengan selamat.

"Setelah beberapa hari di sana menyaksikan kerusuhan itu, saya sempat mengungsi ke banyak tempat hingga akhirnya bisa pulang ke Kota Bandung. Saya sangat berterimakasih sekali bisa pulang dengan selamat," terangnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau agar masyarakat Kota Bandung atau warga Jabar lainnya yang masih bertahan di Wamena, agar dapat menjaga kondusifitas. Karena pihaknya meyakini pemerintah dan aparat petugas setempat tidak tinggal diam, dan terus berupaya mengembalikan kondisi kembali aman dan kondusif.

Ia menerangkan bahwa seperti halnya empat orang yang pulang hari ini berprofesi sebagai pedagang, maka warga Kota Bandung atau Jabar lainnya yang berada di sana memiliki aktivitas yang sama atau bidang lainnya. Namun telah turut membantu stimulus pertumbuhan ekonomi di Wamena.

"Kalau sekarang semua warga Jabar eksodus, nanti aktivitas warga di sana menjadi homogen. Justru dengan adanya keberadaan masyarakat kita disana, maka kondisinya menjadi heterogen atau beragam," tambahnya.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA