Menghadapi Musim Penghujan, Ini yang Dilakukan Warga Melong

Bandung Raya

Jumat, 11 Oktober 2019 | 16:36 WIB

191011162653-mengh.jpg

Laksmi Sri Sundari

MENGHADAPI musim penghujan, warga Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi melaksanakan gotong royong kerja bakti membersihkan anak sungai Cibiuk, Jumat (11/10/2019). Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya antisipasi terjadinya banjir di musim hujan.

Anak sungai Cibiuk sendiri melintasi RW 7, 6, 32, 34, 35  yang berbatasan dengan Kelurahan Gempolsari, Kota Bandung. Selain warga, gotong royong ini dilakukan bersama aparat Kelurahan, Pusdikjas, Satgas Citarum Harum Sektor 21,  Babinsa, dan Babinkamtibmas.

"Budaya leluhur negara ini adalah gotong royong. Dengan cara itu kami ingin mewujudkan lingkungan yang bersih. Apalagi sekarang kan mau menghadapi hujan, untuk antisipasi banjir," ungkap Lurah Melong, Deden Hidayat disela kegiatan.

Ia mengakui, ketika memasuki musim penghujan banyak titik-titik di wilayahnya rawan terjadi banjir. Ini dikarenakan masih banyaknya perilaku masyarakat yang belum sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah ke sungai.

"Sehingga, banyak saluran sungai atau parit yang menjadi tempat sampah. Dan dalam kegiatan gotong royong ini, kami bersinergi dengan TNI dan masyarakat," tuturnya.

Jika banyak saluran sungai yang dipenuhi sampah, lanjut Deden, tentu membahayakan karena menjadi cikal bakal terjadinya banjir ketika musim hujan datang. Tidak seimbangnya antara air yang datang dan pergi, serta semakin menyempitnya saluran air akibat maraknya pembangunan juga menjadi kontribusi terjadinya banjir.

"Iya di sekitar anak sungai ini biasanya banjir, karena airnya besar sampah numpuk, sementara sungainya kecil dan dangkal," katanya

Dalam gotong royong tersebut, berhasil mengangkut sampah satu kontainer mobil desel engkel, dan satu dolak. Sampahnya kemudian diangkut petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi.





Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA