BNN Kota Bandung Gelar Bintek di Lingkungan Perusahaan Jasa Pengaman

Bandung Raya

Kamis, 10 Oktober 2019 | 16:06 WIB

191010160809-bnn-k.jpg

ist

Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Yeni Siti Saodah, saat memberikan materi kepada seluruh peserta kegiatan Bimtek Bagi Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Perusahaan Jasa Keamanan dan swasta di Art Deco Hotel, Ciumbuleuit, Kota Bandung.

GUNA meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerja. BNN Kota Bandung gelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bagi Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Perusahaan Jasa Keamanan dan swasta selama dua hari mulai tanggal 9-10 Oktober 2019 di Art Deco Hotel, Ciumbuleuit, Kota Bandung.

Dari hasil survei tentang penyalah gunaan dan peredaran gelap narkotika di 13 provinsi tahun 2018 oleh BNN serta LIPI, diketahui bahwa prevelansi di kalangan pekerja setahun terakhir pakai sebesar 2,1 % atau setara dengan 1.514.037 orang, dihitung dari total jumlah pekerja formal sebanyak 74.030.000 orang.

Dari kondisi tersebut maka BNN Kota Bandung sangat membutuhkan penanganan dan kerjasama yang serius bersama seluruh elemen masyarakat, termasuk dengan lingkungan pekerja, baik negeri maupun swasta. Tujuannya untuk melakukan upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

"Saya berharap para penggiat anti narkoba yang telah terbentuk pada kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Instansi Swasta ini dapat bekerja sama dengan BNN Kota Bandung dalam rangka mewujudkan kepedulian di sektor swasta untuk berperan aktif dalam membangun lingkungan kerja yang bersih dari penyalahgunaan narkoba dengan penyelenggaraan program P4GN secara mandiri di lingkungan kerja,” ujar Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Yeni Siti Saodah, saat memberikan materi kepada seluruh peserta kegiatan.

Selain itu Yeni mengatakan, selaku perusahaan penyedia jasa keamanan, mereka diharapkan bisa membantu menjaga lingkungan kerja termasuk para pegawainya agar bersih dari penyalahgunaan narkoba karena para penjaga (security) merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan di setiap perusahaan.

"Mereka garda terdepan dalam menjaga keamanan, tentu keamanan dan kenyamanan bagi para pekerja akan tercipta melalui lingkungan yang bersih, termasuk dari narkoba," katanya.

Adapun beberapa poin lain yang disampaikan oleh Kepala BNN Kota Bandung serta beberapa narasumber lainnya, diantaranya mengenai Arah Kebijakan BNN dalam Upaya P4GN. Lalu mengenai Pengetahuan Dasar Adiksi yang disampaikan oleh dr. Teddy Hidayat, SPJK.

Kemusian Screening dan Koseling yang disampaikan psikolog Sistrianova, Pengetahuan Dasar Rehabilitasi oleh team rehabilitasi BNN Kota Bandung, Aspek Hukum Dan Studi Kasus Olah TKP oleh tim pemberantasan BNN Kota Bandung, Pengembangan Karakter Sebagai Penggiat Anti Narkoba oleh team ESQ , public speaking oleh Poppy Nanita. Terakhir ditutup dengan materi tentang peranan penggiat anti narkoba serta penyusunan rencana tindak lanjut oleh tim P2M BNN Kota Bandung.

BNN berharap melalui kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Instansi Swasta dapat memberikan efek domino bagi setiap peserta yang mengikutinya, dalam artian setiap pserta dapat menularkan semangat P4GN di lingkungan kerjanya masing-masing.

"Mudah-mudahan upaya P4GN tidak berhenti disini saja, melainkan terus berlanjut ke perusahaan-perusahaan lain, menjadi efek domino, sehingga Indonesia dan khususnya Kota Bandung bisa bersih dari narkoba," pungkasnya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA