Wakil Wali Kota Akan Kunjungi Empat Warga Bandung yang Pulang dari Wamena

Bandung Raya

Rabu, 9 Oktober 2019 | 18:53 WIB

191009185414-wakil.jpeg

WAKIL Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan bahwa pihaknya akan mengunjungi empat orang warga Kota Bandung yang dipulangkan dari Wamena. Keempat warga Kota Bandung tersebut, terdiri dari tiga orang laki-laki dan seorang perempuan, yang berprofesi sebagai pedagang di Wamena.

Keempat orang tersebut, dua orang dari Cipedes, satu orang dari Kiaracondong dan satu orang lagi dari Cicaheum.

"Semuanya dalam kondisinya sehat, dan ada dua warga yang diketahui memiliki hubungan keluarga, karena tinggal di alamat yang sama yaitu di wilayah Cipedes," ungkapnya di Kawasan Jalan Martadinata, Kota Bandung, Rabu (9/10).

Yana menuturkan, kedatangan warga Kota Bandung dan warga Jawa Barat lainnya, akan lebih dahulu tiba di Gedung Sate. Kemudian mereka akan diserahkan ke Dinas Sosial kabupaten/kota masing-masing untuk dipertemukan dengan keluarganya di daerahnya.

"Kepulangan ini memang permintaan mereka, untuk pulang dari Wamena ke daerahnya di Jawa Barat," ucapnya.

Yana mengimbau masyarakat Kota Bandung (Jabar) lainnya yang masih bertahan di Wamena, agar senantiasa dapat menjaga kondusifitas, karena dirinya meyakini pemerintah dan aparat petugas setempat tidak tinggal diam, dan terus berupaya mengembalikan kondisi kembali aman dan kondusif.

Ia menerangkan seperti halnya empat orang yang pulang hari ini berprofesi sebagai pedagang, warga Kota Bandung atau Jabar lainnya yang berada di sana memiliki kemampuan yang sama atau bidang lain yang telah turut membantu stimulus pertumbuhan ekonomi di Wamena.

"Kalau sekarang semua warga Jabar eksodus, nanti aktivitas warga di sana menjadi homogen. Justru dengan adanya keberadaan masyarakat kita disana, maka kondisinya menjadi heterogen atau beragam," terangnya.

Sementara Anggota DPRD Jawa Barat dari PKS, Siti Muntamah Oded menuturkan, kepulangan warga Jabar tersebut, merupakan pilihan dengan harapan dapat merasakan keamanan dan kenyamanan dibandingkan berada di Wamena. Meskipun masih banyak warga Jabar lainnya yang memutuskan untuk tetap bertahan.

Oleh karena itu, Ia mengapreasi Pemprov Jabar yang dapat memfasilitasi keinginan masyarakat tersebut.

Istri dari Wali Kota Bandung, Oded M. Danial ini berharap agar warga Jawa Barat yang telah kembali dapat menghapuskan rasa trauma yang dialaminya. sehingga tetap memiliki semangat untuk tetap berkarya diwilayahnya masing-masing.

"Saya melihat dengan memfasilitasi kepulangan mereka saja, itu sudah menjadi prestasi yang sangat luar biasa. artinya Pemprov Jabar aware atau peduli dengan nasib warganya di Wamena yang ingin pulang," tambahnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA