Pemkot Bandung Akan Tingkatkan Honor TKSK

Bandung Raya

Rabu, 9 Oktober 2019 | 15:38 WIB

191009153717-pemko.jpg

MESKI hanya berstatus relawan, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dinilai sangat membantu Pemkot Bandung, mengatasi permasalahan sosial. Oleh karena itu, rencananya akan ada peningkatan honor bagi para relawan tersebut.

"Para TKSK ini kan relawan, kita menyebutnya tali kasih atau tali asih dengan memberikan honor Rp 1 juta. Mudah-mudahan ke depan bisa ditambah. Tentu menyesuaikan dengan anggaran," ungkap Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pada Peringatan Satu Dasawarsa TKSK Kota Bandung di Padepokan Seni Mayang Sunda, Jln. Peta, Rabu (9/10/2019).

Menurutnya, TKSK mempunyai hubungan emosional tersendiri dengannya. Ia telah menjalin hubungan sejak menjabat sebagai Wakil Walikota.

"TKSK dari sisi kinerja dan kesungguhannya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dalam kolaborasi," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung, Tono Rusdiantono mengatakan, peran TKSK dibutuhkan dalam menyelesaikan permasalahan sosial di Kota Bandung. Mereka sangat paham dalan pemberian bantuan agar tepat sasaran.

"Mereka sangat paham tugas. Pemerintah punya program seperti penanggulangan kemiskinan, TKSK membantu dari data kemiskinan, implementasinya menolong orang-orang yang membutuhkan, rujukan, pengantaran, dan sebagainya," tuturnya.

Selain itu, TKSK juga membantu memverifikasi dan validasi data. Sehingga bantuan lebih tepat sasaran.

Tono menuturkan, TKSK juga ikut menginformasikan orang-orang yang perlu bantuan sosial. Seperti adanya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Banyak PMKS dan ODGJ yang berkeliaran itu ditangani mereka dulu, lalu lapor ke Dinsos. Jadi bukan hanya pemerintah yang terbantu, tetapi masyarakat juga," tambahnya.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA