Lusa, Hari Tanpa Bayangan di Kota Bandung

Bandung Raya

Rabu, 9 Oktober 2019 | 11:03 WIB

191009110653-lusa-.jpg

WILAYAH Bandung bakal megalami hari tanpa bayangan pada Jumat (11/10/2019) mendatang. Tepatnya pada pukul 11.36 WIB.

Hal itu merupakan fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

"Saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama. Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit," kata Menurut Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie, Rabu (9/10/2019).

Akibatnya, kata dia, bayangan benda tegak akan terlihat "menghilang" karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

"Penyebab hari tanpa bayangan terjadi karena bidang ekuator Bumi bidang rotasi Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi Bumi," katanya.

Selain di Bandung, fenomena ini juga terjadi di wilayah lain. Untuk wilayah Jawa Tengah di antaranya di Jepara. Fenomena tersebut dapat dinikmati warga setempat pada 10 Oktober 2019.

Sementara untuk Semarang, Pekalongan, Kudus, Demak, Pemalang dan sekitarnya, fenomena tersebut dapat dinikmati warga setempat pada 11 Oktober 2019.

Untuk Salatiga, Ungaran, Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas dan sekitarnya fenomena tersebut dapat dinikmati warga setempat pada 12 Oktober 2019.

Sementara untuk Boyolali, Surakarta, Magelang, Purworejo, Kebumen, Cilacap dan sekitarnya fenomena tersebut dapat dinikmati warga setempat pada 13 Oktober 2019.

Editor: Brilliant Awal



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA