Penunggak PBB Tahun 2018 dan Sebelumnya Dapat Pembebasan Denda

Bandung Raya

Senin, 7 Oktober 2019 | 17:53 WIB

191007175441-penun.png

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung mengeluarkan sunset policy atau pembebasan denda keterlambatan pembayaran pajak. Hal ini berlaku untuk penunggak pajak periode 2018 dan sebelumnya. Sementara untuk pajak periode 2019 tetap diberlakukan denda.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung, Arif Prasetya mengatakan kebijakan tersebut berlaku sejak 22 September lalu hingga 31 Desember mendatang. Meski denda atau sanksi administratif dibebaskan, tetapi tarif pokoknya masih tetap harus dibayar.

"Bagi yang masih terkena sanksi, bisa dibayarkan bulan ini. Dendanya dihapuskan tapi pokoknya tetap dibayar," ujar Arif yang dikutip ketika On Air di PRFM, Senin (7/10/2019).

Pembebasan denda pajak ini berlaku untuk 9 mata pajak, antara lain: Pajak Hotel, Restoran, Hiburan, Reklame, Parkir, Penerangan Jalan, Air Tanah, Pajak Bumi Bangunan dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPTHB).

Arif mengingatkan bahwa pajak merupakan kewajiban setiap warga negara. Hal tersebut sudah diatur Undang-undang. Karena hasil pendapatan pajak digunakan untuk pembangunan dan pelayanan operasional negara.

"Setiap warga negara wajib mempunyai beberapa kewajiban pajak, karena di UU No. 28 itu sudah diatur. Pajak juga kan hasilnya untuk membayar pembangunan dan operasional pelayanan masyarakat. Uang pajak itu digunakan untuk pembangunan jalan, saluran air, taman, keseheatan, sekolah, dll," imbau Arif.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA