Sudah Lebih dari 24 Jam Kawasan Pegunungan Malabar Kab Bandung Terbakar

Bandung Raya

Sabtu, 5 Oktober 2019 | 14:30 WIB

191005142518-sudah.jpeg

Pikiran Rakyat

Ilustrasi.

SUDAH lebih dari 24 jam Pegunungan Malabar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengalami kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan asap putih terlihat mengepul ke langit.

Menurut seorang warga Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Kavin Faza, kebakaran tersebut telah terjadi sejak Jumat (4/10/2019) sekira pukul 20.00 WIB.

"Asapnya terlihat putih tebal, itu asapnya udah ke mana-mana," kata Kavin saat dihubungi dari Bandung, Sabtu (5/10/2019).

Dia menduga kini kebakaran lahan yang terjadi di Pegunungan Malabar itu semakin meluas. Kepulan asap yang dihasilkan dari kebakaran itu, kata dia, sudah menutupi hampir keseluruhan pegunungan.

"Tinggal kaki gunungnya yang terlihat, sekitar jam 09.00 WIB tadi juga masih terlihat kebakaran," kata Kavin seperti dilansirkan Antaranews.

Sementara itu, Byan Latief seorang aktivis pecinta alam yang berdomisili di Kecamatan Banjaran mengatakan hingga Sabtu (5/10) pukul 13.30 WIB asap kebakaran masih terlihat.

Menurutnya kawasan yang terbakar masih termasuk wilayah Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Hingga kini ia masih belum mengetahui penyebab kebakaran lahan tersebut.

"Saya juga belum tahu apa yang terbakar dan penyebab kebakaran, nanti saya cari tahu ke kawan-kawan pecinta alam yang di sana," kata Byan.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA