Walhi Dukung Karst Citatah Jadi Geopark

Bandung Raya

Rabu, 18 September 2019 | 20:33 WIB

190918201418-walhi.jpg

dok

WAHANA Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mendukung rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengupayakan kawasan Karst Citatah menjadi geopark nasional pada 2020 mendatang.

Manajer advokasi dan kampanye Walhi Jawa Barat, Wayudi Iwang menilai, menjadikan kawasan Karst Citatah sebagai geopark nasional merupakan salah satu upaya penyelamatan situs sejarah dan budaya.

Lebih lanjut, Iwang menyatakan kandungan mineral di kawasan Karst Citatah juga akan terselamatkan jika dijadikan sebagai geopark nasional.

"Menurut kami rencana tersebut akan menyelamatkan kawasan tersebut dari tambang atau pemanfaatan karst yang mencakup kapur, marmer dan batu gamping di sana," tuturnya  saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu (18/9/2019).

Namun demikian, Iwang meminta Pemprov Jabar untuk melibatkan Walhi dan juga masyarakat sekitar saat akan memulai proyeksi pengerjaan geopark nasional di kawasan Karst Citatah.

Menurutnya, masyarakat sekitar dan masyarakat umum perlu diberikan penyuluhan mengenai arah pemanfaatan kawasan Karst Citatah saat berstatus geopark nasional.

"Tentunya Pemprov Jabar juga harus membuka ruang informasi dari rencana pemanfaat tersebut. Jadi ada nilai partisipasi masyarakat yang terdampak langsung di wilayah kawasan Karst Citatah. Keterbukaan informasi ini menjadi penting, sebelum konstruksi dilakukan ada informasi yang dipahami publik," tandas Iwang.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA