Hasil Survei Instrat, Warga Jabar Masih Menghendaki Emil jadi Gubernur Lagi

Bandung Raya

Selasa, 17 September 2019 | 19:25 WIB

190917192557-hasil.jpg

MASYARAKAT Jawa Barat masih menginginkan Gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil melanjutkan kepemimpinan di priode berikutnya (dua periode). Pasalnya Emil panggilan Ridwan Kamil masih berada diurutan ketiga di bawah Basuki Tjahaja Purnama dari kandidat calon presiden 2024.

Indonesia Strategic Institut (Instrat) dalam survei menunjukkan, bahwa responden yang menyatakan tidak tahu terhadap calon presiden 2024 sebanyak 30%, disusul nama Prabowo Subianto 18%, Basuki Tjahaja Purnama atau yang saat ini akrab dipanggil BTP mendapatkan 8%, sedangkan Emil hanya mendapatkan 7%.

"Elektabilitas Presiden tahun 2024 ini menunjukkan bahwa masyarakat Jabar tidak menghendaki Emil maju di pilpres nanti, tapi mengharapkan Emil selesaikan program kerjanya selama dua periode," kata Direktur eksekutif Instrat Jalu Priambodo, saat merilis hasil surveinya di salah satu cafe di jalan Terusan Cigadung, Kota Bandung, Selasa (17/9/2019).

Menurut Jalu, berdasarkan analisanya, sosok Prabowo Subianto masih berada dalam top of mind responden. Apalagi, ketua umum Partai Gerindra tersebut meraih suara terbanyak dalam dua edisi Pemilihan Presiden (Pilpres) di wilayah Jawa Barat.

Sedangkan Basuki Tjahaja Purnama dinilai memiliki basis suara yang fanatik. Suaranya terkristalisasi terutama untuk responden di wilayah perbatasan DKI Jakarta dan Jabar. Sedangkan untuk Ridwan Kamil, ada beberapa alasan yang membuat elektabilitasnya belum maksimal.

“Emil (Ridwan Kamil) sudah masuk (menjadi kandidat capres), tapi warga Jabar banyak yang masih ingin beliau mau maju kelmbali di Jabar pada edisi Pilgub mendatang, untuk menuntaskan janji dibandingkan dengan maju di Pilpres,” ucap dia.

Hal tersebut juga terbukti ketika elektabilitas calon Gubernur tahun 2023 tertinggi di duduki oleh Emil dengan 42% dan posisi kedua responden menyatakan tidak tahu sebanyak 22% dan posisi ke tiga yaitu mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dengan 7% disusul oleh nama lain 7% serta Dedi Mulyadi mendapatkan 6%.

"Artinya harapan Emil maju untuk di dua periode sangat tinggi," ucapnya.

Diketahui pengumpulan data survei ini dilakukan pada tanggal 20 - 25 Agustus 2019 dengan Multistage Random Sampling Berbasis data dasar penduduk Proporsional hingga level kota/kabupaten. Pengacakan berbasis kerangka sampel desa-kecamatan pada level kota/kabupaten dengan area survei meliputi 94 desa/kelurahan dari total 27 kota/kabupaten di Jawa Barat.

“Margin of Error survei ini 5 persen dengan total Responden 405 orang,” tutur Jalu.

Editor: Kiki Kurnia



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA