Ikapi dan Dispusipda Jabar Canangkan Gerakan Wali

Bandung Raya

Selasa, 17 September 2019 | 10:33 WIB

190917103407-ikapi.jpg

ist

IKATAN Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispuripda) Jawa Barat bakal menggelar Gerakan Wakaf Literasi (Wali) bagi para kiyai yang dicanangkan pada Cirebon Book Fair di Gedung Wanita (Caruban Convention Center), 3 Oktober 2019.

Ketua Ikapi Jawa Barat, Mahpudi mengatakan, gerakan wakaf literasi ini merupakan sebuah rintisan pertama di Indonesia hasil dari kolaborasi antara Dispusipda Jabar, Ikapi, media massa, Baznas, Basan Wakaf Indonesia.

"Gerakan ini sejalan dengan ide Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwal Kamil yang mencanangkan wakaf buku menuju Jabar Juara," ujar Mahpudi dalam paparannya di ruang rapat Dispusipda Jabar, Jalan Kawaluyaan, Kota Bandung, Selasa (17/9/2019).

Menurut Mapudi, gerakan Wali bukan hanya sekadar mewakafkan buku-buku melainkan sebagai upaya motivasi menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan sampai pada penerbitan buku.

"Baznas sudah menyiapkan hibah kitab untuk pesantren. Sementara gerakan Wali yang kami gagas yakni lebih menekankan pada upaya menuangkan ide para kiyai untuk menulis buku. Ini sejalan dengan gerakan Literasi Pesantren  yang dicanangkan Pak Gubernur," ujarnya

Gerakan ini, lanjut Mahpudi, mendorong dan mendampingi para kiyai agar menulis lalu menerbitkan buku.

"Kami akan memberikan workshop dan pelatihan bagi para kiyai tentang teknis menulis, yang kami lanjutkan dengan penyuntingan, sampai dengan mencetak. Kami mempunyai banyak penerbit yang siap menerbitkan karya kiyai," jelasnya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data, ada sekitar 8.000 pesantren yang ada di Jawa Barat.

"Targetnya, kami tidak mulik-muluk. Satu pesantren satu buku. Sehingga dengan gerakan ini diharapkan ada 8.000 buku atau minimal sepuluh persennya. Dan ini sudah menambahkan khazanah ilmu bukan hanya bagi kalangan pesantren melain bagi seluruh muslim di Jawa Barat khususnya, umumnya Indonesia," katanya.

Editor: Brilliant Awal



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA